Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Biden: Agar Putin Tidak Punya Dana untuk Biayai Perang, Hancurkan Sumber Pendapatan Utama Rusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 27 Juni 2022, 06:10 WIB
Biden: Agar Putin Tidak Punya Dana untuk Biayai Perang, Hancurkan Sumber Pendapatan Utama Rusia
Presiden AS Joe Biden/Net
Salah satu cara agar perekonomian Rusia jatuh dan tidak memiliki dana untuk membiayai perangnya di Ukraina adalah dengan menghentikan semua sumber pendapatannya. Amerika Serikat dan negara-negara ekonomi terkemuka Kelompok Tujuh (G7) telah merancang langkah berikutnya untuk menghukum Moskow: hentikan impor emas Rusia.

Larangan impor emas dari Rusia adalah yang terbaru dari serangkaian sanksi yang diharapkan Barat akan semakin mengisolasi Rusia secara ekonomi. Pengumuman resmi sanksi terbaru ini akan diluncurkan pada Selasa (28/6) saat para pemimpin mengadakan pertemuan puncak tahunan mereka di Jerman. Mereka juga akan membicarakan sanksi tambahan terhadap Rusia dan rekonstruksi jangka menengah dan panjang Ukraina.

"Amerika Serikat telah mengenakan biaya yang belum pernah terjadi sebelumnya pada (Presiden Rusia Vladimir) Putin. Ini agar dia tidak mendapatkan dana yang dia butuhkan untuk mendanai perangnya melawan Ukraina," kata Presiden Joe Biden, seperti dikutip dari CBS.

"Bersama-sama, G7 akan mengumumkan bahwa kami akan melarang impor emas Rusia, ekspor utama yang menghasilkan puluhan miliar dolar untuk Rusia," tambahnya.

Emas adalah ekspor terbesar kedua Moskow setelah energi dan menjadikannya sebagai sumber pendapatan utama. Dengan perkiraan 331 ton pada 2020, Rusia menempati peringkat kedua dalam hal produksi emas global yang mencapai 9 persen dari total dunia, menurut data SP Global. Dengan diberlakukannya sanksi terhadap emas, akan mempersulit Rusia untuk bergerak di pasar global.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA