Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Larang Impor Emas Rusia, Boris Johnson: Inggris akan Membuat Rezim Putin Tertekan dan Kekurangan Dana Perang

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 27 Juni 2022, 06:41 WIB
Larang Impor Emas Rusia, Boris Johnson: Inggris akan Membuat Rezim Putin Tertekan dan Kekurangan Dana Perang
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson/Net
Pemerintah Inggris mengkonfirmasi bahwa mereka mendukung rencana peluncuran sanksi berikutnya untuk Rusia yang menyasar pada impor emas negara itu.

Dengan demikian, emas Rusia tidak akan lagi diizinkan masuk ke Inggris.

"London adalah pusat perdagangan emas global utama dan sanksi Inggris, yang akan menjadi yang pertama diterapkan terhadap Rusia di mana pun di dunia, akan berdampak besar pada kemampuan Putin untuk mengumpulkan dana," kata pemerintah Inggris dalam sebuah pernyataan. .

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan tindakan itu akan langsung menghantam oligarki Rusia, "dan menyerang jantung mesin perang Putin."

"Kita perlu membuat rezim Putin kekurangan pendanaan. Inggris dan sekutu kita melakukan hal itu," tambah Johnson, seperti dikutip dari AP.

Menteri Keuangan Rishi Sunak juga mengatakan bahwa dengan larangan emas baru asal Rusia, lebih dari 16,6 miliar dolar AS, impor Inggris dari Rusia akan dilindungi oleh pembatasan.

"Mengingat peran London di jantung perdagangan emas global, ini menunjukkan Inggris akan mengambil langkah keras untuk menghentikan mesin perang Rusia," katanya.

Menurut pernyataan pemerintah Inggris, larangan impor emas, yang akan segera berlaku, akan berlaku untuk emas yang baru ditambang atau dimurnikan

Ini tidak akan mempengaruhi emas asal Rusia yang sebelumnya diekspor dari Rusia.

Pengumuman Inggris menyusul pernyataan dari Presiden AS Joe Biden bahwa negara-negara G7 akan memberlakukan pelarangan emas Rusia.

Emas telah menjadi ekspor utama Rusia setelah energi — mencapai hampir 19 miliar dolar AS atau sekitar 5 persen dari ekspor emas global, pada tahun 2020.

Dari ekspor emas Rusia, 90 persen dikirim ke negara-negara G-7. Dari ekspor Rusia ini, lebih dari 90 persen, atau hampir 17 miliar dolar AS, diekspor ke Inggris.

Amerika Serikat mengimpor kurang dari 200 juta dolar AS emas dari Rusia pada 2019, dan di bawah 1 juta dolar AS pada 2020 dan 2021.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA