Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Putin Jadi Bulan-bulanan Kelompok G7 Saat Makan Siang

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 27 Juni 2022, 07:01 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi bahan olok-olok pemimpin kelompok G7 lainnya. Peristiwa itu terjadi saat makan siang di Kastil Elmau di Bavaria, Minggu (26/6), sesaat menjelang sesi foto. Mereka mengomentari pakaian yang akan digunakan saat sesi foto resmi.

“Pake jaket, atau tanpa jaket? Atau kita harus lepas mantel kita?” tanya Perdana Menteri Inggris Boris Johnson yang duduk di sebelah kiri Presiden AS Joe Biden.

Johnson lantas melanjutkan, apakah mereka harus menggulung lengan baju sedikit, atau sampai ke siku. Agar terlihat lebih gagah. Ini adalah gaya berpakaian khas Puitin.

Candaan Johnson ini pun lantas ditanggapi oleh pemimpin G7 lainnya.

Justin Trudeau dari Kanada menyarankan agar mereka menunggu sesi foto resmi sebelum melepas jaket, yang disambut Boris Johnson dengan kalimat, "Kita harus menunjukkan bahwa kita lebih tangguh daripada Putin."

Olok-olok itu terus bergulir. Trudeau kemudian menyinggung foto Putin yang sangat terkenal di tahun 2009 saat ia menunggang kuda dengan bertelanjang dada.

“Sepertinya kita akan menampilkan pertunjukan menunggang kuda bertelanjang dada,” kata Trudeau yang disambut dengan tawa lainnya.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen langsung merespon Trudeau. “Menunggang kuda adalah yang terbaik,” katanya.  

Johnson menyela, "Kita harus menunjukkan kepada mereka otot-otot kita."

Percakapan di meja makan itu didengar oleh para wartawan yang berdiri tak jauh dari meja mereka.

Tak lama kemudian, para pemimpin G7 keluar ruangan untuk melakukan sesi foto. Meninggalkan debat dan lelucon tentang cara berpakaian.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA