Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ternyata Ini Alasan Turki Tidak Menjatuhkan Sanksi ke Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 27 Juni 2022, 08:44 WIB
Ternyata Ini Alasan Turki Tidak Menjatuhkan Sanksi ke Rusia
Juru bicara kepresidenan Ibrahim Kalin/Net
rmol news logo Meskipun menjadi salah satu negara yang ikut mengutuk serangan Rusia ke Ukraina, Turki tetap tidak mengikuti jejak Barat untuk menjatuhkan sanksi untuk Moskow. Juru bicara kepresidenan Ibrahim Kalin menjelaskan alasan dibalik keputusan tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan Haberturk TV, Kalin mengatakan langkah Turki dipandu oleh pertimbangan ekonomi pragmatis dan kebijakan dalam hubungannya dengan Rusia.

“Karena kami bergantung pada sumber energi asing, kami mengembangkan hubungan dengan Rusia seperti yang kami lakukan dengan Iran,” jelasnya, mencatat bahwa Turki juga menikmati hubungan baik dengan AS dan negara-negara Barat lainnya.

“Kami tidak menjatuhkan sanksi kepada Rusia setelah perang Ukraina. Tentu saja, kita harus melindungi kepentingan negara kita, ” katanya.

Menurut pendapat Kalin, menjatuhkan sanksi pada Moskow akan lebih merugikan ekonomi Turki daripada Rusia.

“Kami mengambil sikap yang jelas. Saat ini, orang Barat juga telah menerimanya. Mereka tidak mengatakan apapun tentang posisi Turki karena alasan geopolitik,” klaim Kalin.

Dia juga menekankan bahwa negaranya tidak mendukung kebijakan menjatuhkan sanksi pribadi terhadap pengusaha Rusia.

“Mereka yang disebut miliarder di Barat disebut oligarki ketika datang ke Rusia. Apakah tidak ada pemimpin seperti itu di AS atau Eropa?" tanya Kalin.

Kalin menjelaskan bahwa negaranya memandang operasi militer Rusia sebagai invasi dan menyatakannya dengan jelas dan tegas. Namun, dia menekankan bahwa Turki terus berbicara dengan Ukraina dan Rusia karena semakin lama perang, semakin tinggi biayanya.

“Terus terang, tidak ada negara lain yang berusaha menyatukan kedua belah pihak. Ini akan menjadi contoh bahwa kerja sama dapat dilakukan pada isu-isu tertentu bahkan di lingkungan perang,” kata Kalin.

Dia menekankan peran yang dimainkan Ankara dalam menegosiasikan solusi untuk masalah-masalah penting global tertentu, seperti pasokan biji-bijian dari wilayah yang dilanda konflik.

“Siapa yang akhirnya akan berbicara dengan Rusia jika semua orang membakar jembatan?” tanyanya.

Kalin mengakui bahwa dia tidak dapat memprediksi pada titik mana Rusia akan memutuskan untuk berhenti " menduduki wilayah Ukraina, tetapi menekankan bahwa perang memiliki efek jangka pendek, menengah dan panjang.

“Prediksi saya adalah bahwa kita akan sibuk dengan perang dan dampaknya selama 10 tahun ke depan. Perang mungkin berakhir, tetapi dampaknya akan berlanjut dengan cara yang berbeda," kata Kalin.

Menurutnya, dunia sedang menghadapi perang dingin jenis baru, dengan sentimen anti-Rusia yang kuat di Barat dan “anti-Baratisme” juga telah menyebar di Rusia.

“Akan ada reposisi tektonik besar-besaran,” klaim Kalin.

Mengomentari alasan di balik serangan Rusia di Ukraina, juru bicara itu membantah klaim Barat tentang 'irasionalitas' Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan mengatakan bahwa kadang-kadang Barat lebih suka mengirasionalisasikan masalah daripada mengkonfrontasinya.

Menurutnya, masalah dalam hubungan antara Rusia dan Barat dimulai pada 1990-an ketika Rusia, sebagai tanggapan atas perubahan tatanan geopolitik global, menawarkan Barat untuk membuat “perjanjian keseimbangan baru” yang akan mencerminkan perubahan tersebut.

“Mereka yang ingin menekan negara-negara yang ingin keluar dari bawah mengatakan: ayo jalan konflik,” jelasnya.

Menekankan bahwa Turki tidak pernah membenarkan invasi Rusia ke Ukraina, Kalin menunjukkan pentingnya untuk tidak mengabaikan hubungan sebab-akibat.

“Kami juga keberatan dengan tatanan yang tidak teratur ini dan tatanan (global) yang tidak adil ini,” ujar Kalin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA