Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hamzah Abdi Barre Terpilih sebagai Perdana Menteri Somalia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 27 Juni 2022, 12:27 WIB
Hamzah Abdi Barre Terpilih sebagai Perdana Menteri Somalia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah Somalia menetapkan Hamzah Abdi Barre sebagai perdana menteri, membuka jalan bagi pembentukan pemerintahan baru.

Barre diangkat sebagai perdana menteri setelah parlemen Somalia pada hari Sabtu dengan suara bulat mendukung pencalonannya.

"Semua 220 anggota parlemen yang hadir memberikan restu untuk penunjukan Barre, dan dia kemudian dilantik," kata ketua parlemen, seperti dikutip dari Africa News, Senin (27/6).

Dalam pernyatannya, Barre (48) mengatakan kepada parlemen bahwa dia akan membentuk pemerintah berkualitas yang akan fokus pada menciptakan stabilitas politik yang inklusif (sesuai dengan) moto presiden tentang Somalia yang damai.

Pemerintahan baru Somalia menghadapi serangkaian tantangan termasuk krisis pangan yang membayangi dan pemberontakan yang dilakukan oleh para jihadis Al-Shabaab.

Pengangkatan Barre datang setelah Parleman Somalia memilih Hassan Sheikh Mohamud pada bulan Mei.

Kepresidenan Mohamud diharapkan akan memperbaiki krisis politik yang merusak pemerintahan pendahulunya Mohamed Abdullahi Mohamed.

Mohamud sendiri tidak hadir dalam sidang parlemen setelah pada Jumat mengatakan dirinya dinyatakan positif Covid-19.

Mohamud adalah mantan aktivis akademik dan perdamaian yang sebelumnya menjadi presiden dari 2012 hingga 2017, tetapi pemerintahan pertamanya dirundung klaim korupsi dan pertikaian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA