Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Zelensky Tuding Belarusia Ikut-ikutan Berperang dan Semakin Aktif Menyerang Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 27 Juni 2022, 14:42 WIB
Zelensky Tuding Belarusia Ikut-ikutan Berperang dan Semakin Aktif Menyerang Ukraina
Presiden Volodymyr Zelenksy/Net
Ukraina membutuhkan sistem pertahanan udara yang jauh lebih modern untuk mencegah rudal Rusia. Presiden Volodymyr Zelenksy mengatakan pertahanan udara yang kuat juga sangat dibutuhkan dan mengimbau Barat untuk bisa memasok apa yang dibutuhkan.

Zelensky mengatakan, ia menyaksikan peningkatan serangan dari Rusia di seluruh Ukraina. Dalam pidato malamnya mengecam serangan Moskow di beberapa kota, seperti di Kyiv, wilayah Mykolaiv, wilayah Chernihiv, Odesa, Cherkasy. Dia mencatat bahwa penembakan mortir ternyata tidak berhenti hanya di wilayah Kharkiv.

Tentara Rusia menghancurkan banyak fasilitas umum, seperti taman kanak-kanak dan sebuah gedung apartemen.

“Rudal juga menghantam wilayah Mykolaiv, wilayah Chernihiv, Odesa, Cherkasy. Penembakan artileri dan mortir tidak berhenti di wilayah Kharkiv, tapi juga di wilayah Sumy, di Donbas, di selatan negara bagian kami,” katanya, menambahkan bahwa Rusia telah menembakkan 62 rudal ke Ukraina dalam waktu 24 jam.

"Kami membutuhkan pertahanan udara yang kuat dan modern, yang sepenuhnya efektif. Yang dapat memastikan perlindungan penuh terhadap rudal ini. Mitra kami harus bergerak lebih cepat jika mereka benar-benar mitra, bukan pengamat,” tegas Zelensky.

Ia juga menuding Belarusia, sekutu dekat Rusia, mulai 'tertarik' berperang dengan Ukraina dan menunjukkan tanda-tanda peningkatan serangan.

“Saya ingin berbicara secara terpisah kepada warga Belarus hari ini. Baik warga sipil maupun yang berseragam. Anda sedang ditarik ke dalam perang. Dan bahkan lebih aktif daripada di bulan Februari dan di bulan-bulan musim semi,” kata Zelensky.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA