Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Angka Kasus Naik, Menkes Yunani Beri Sinyal Pembatasan Covid-19 akan Dimulai di Musim Gugur

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 28 Juni 2022, 14:33 WIB
Angka Kasus Naik, Menkes Yunani Beri Sinyal Pembatasan Covid-19 akan Dimulai di Musim Gugur
Yunani/Net
Yunani akan menerapkan kembali pembatasan Covid-19 di seluruh negeri pada musim gugur. Berita itu muncul di tengah lonjakan kasus terbaru setelah negara itu melonggarkan langkah-langkah keamanan dan banyaknya turis yang mulai berdatangan.

Menteri Kesehatan Thanos Plevris pada Senin (27/6) memperingatkan kemungkinan kembalinya beberapa pembatasan setelah Organisasi Kesehatan Masyarakat Nasional melaporkan kasus terbaru sebanyak 9.064 infeksi dan dua belas kematian. Dari kasus-kasus itu, 7.682 adalah kasus baru dan 1.382 adalah infeksi berulang, menurut laporan itu.

Kasus diperkirakan memuncak secara nasional hingga di angka 25.000 kasus pada pertengahan Juli, menurut Dimosthenis Sarigiannis, seorang profesor Teknik Lingkungan di Universitas Aristoteles.

Yunani sedang menyambut musim turis dengan situs arkeologi negara itu banyak mendapat kunjungan. Namun, Plevris mengatakan pihak berwenang dapat memutuskan untuk memberlakukan tindakan Covid-19 yang tidak terlalu memberatkan di musim liburan ini.

Sebanyak 30.000 kematian tercatat akibat virus corona sejak awal pandemi. Tahun ini, kasus Covid mengalami penurunn yang cukup signifikan meskipun masih ditemukan beberapa kasus di beberapa titik.

Pemerintah menyarankan suntikan penguat Covid-19  kedua untuk individu di atas tiga puluh. Namun saran itu mendapat kritikan dari spesialis kesehatan terkemuka,  Elias Mossialos, Profesor Kebijakan Kesehatan di London School of Economics and Political Science.

Menurutnya, rekomendasi untuk suntikan bagi orang di atas 30 yang tidak termasuk dalam kelompok rentan, '
tidak disertai dengan rujukan dokumentasi yang diperlukan, kata Elias.

Masker tidak lagi diperlukan kecuali di tempat-tempat tertentu, tetapi Menkes mengatakan orang harus terus memakai penutup wajah di tempat-tempat ramai dan di dalam ruangan.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA