Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lawan Upaya China Dominasi Pasifik, Australia Mulai Ambil Langkah

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 28 Juni 2022, 14:31 WIB
Lawan Upaya China Dominasi Pasifik, Australia Mulai Ambil Langkah
Menteri Pembangunan Internasional dan Pasifik Australia, Pat Conroy/Net
Australia mulai melakukan upaya untuk melawan pengaruh China di kawasan Pasifik. Salah satunya dengan mendirikan sekolah pertahanan untuk melatih tentara-tentara.

Selain itu, Menteri Pembangunan Internasional dan Pasifik Australia, Pat Conroy mengatakan pihaknya akan menggandakan pendanaan untuk pengawasan udara di zona penangkapan ikan di kepulauan Pasifik, serta menyediakan pembiayaan untuk membangun infrastruktur di kawasan tersebut karena kenaikan permukaan laut hingga empat kali lipat rata-rata global.

"Pemerintah Australia tahu bahwa masalah keamanan tidak dapat dipisahkan dari masalah perubahan iklim," ujarnya dalam konferensi Pasifik pada Selasa (28/6).

Forum tersebut juga membahas upaya China untuk mencapai kesepakatan perdagangan dan keamanan dengan 10 negara kepulauan Pasifik.

Berdasakan draft kesepakatan yang bocor, kesepakatan itu mencakup perikanan dan keamanan maritim serta pelatihan polisi.

Australia dan Selandia Baru sendiri telah menyatakan keprihatinannya atas kesepakatan tersebut.

Lebih lanjut, Conroy menguraikan komitmen pemerintah Australia untuk mendukung kawasan, termasuk Sekolah Pertahanan Pasifik Australia yang akan memberikan pelatihan bagi pasukan pertahanan dan keamanan.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA