Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat Pesimis Jokowi Bisa Yakinkan Putin untuk Akhiri Perang di Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 28 Juni 2022, 16:27 WIB
Pengamat Pesimis Jokowi Bisa Yakinkan Putin untuk Akhiri Perang di Ukraina
Presiden Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo telah memulai perjalanannya menuju Ukraina. Meski begitu, sejumlah pengamat cukup meragukan kemampuan Jokowi dalam mengakhiri perang.

Pengamat politik dari Johan Skytte Institute of Political Studies di University of Tartu Estonia, Radityo Dharmaputra mengaku meragukan kemampuan Jokowi untuk mendorong Putin menuju perdamaian.

"Sayangnya, saya tidak melihat (Jokowi) dapat mengubah pikiran Putin atau menawarkan skenario untuk mediasi atau perdamaian," kata Radityo, seperti dikutip dari SCMP.

Alih-alih, Radityo menilai, Jokowi memiliki tujuan yang lebih mengedepankan kepentingan Indonesia sebagai Presidensi G20 dan krisis pangan.

"Warisan domestik Jokowi bergantung pada kemampuannya untuk menavigasi krisis pangan, dan warisan globalnya akan bergantung pada KTT G20," lanjut Radityo.

Sementara itu, mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal menyebut perlu adanya tujuan yang jelas dalam kunjungan Jokowi, apakah kunjungan bilateral atau membahas G20 atau misi perdamaian.

"Jika ini adalah misi perdamaian, Indonesia harus memiliki konsep perdamaian yang diajukan kepada Putin dan Zelensky," ucap Dino.

Dino mengatakan, Indonesia juga harus mulai menentukan ambisi dalam keterlibatan Indonesia pada konflik.

"Hal yang paling penting adalah adanya hal konkret yang ditawarkan," tegasnya.

Jokowi sendiri mengatakan tujuannya melakukan kunjungan ke Ukraina dan Rusia dalam rangka upaya membuka ruang dialog demi membangun perdamaian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA