Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Korea Utara: AS-Korsel-Jepang Mulai Membentuk "NATO Versi Asia" yang Berbahaya

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 29 Juni 2022, 09:39 WIB
Korea Utara: AS-Korsel-Jepang Mulai Membentuk
Militer Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan/Net
Langkah Amerika Serikat (AS), Korea Selatan, dan Jepang untuk menggelar latihan militer bersama tidak lain merupakan upaya berbahaya untuk membentuk "NATO versi Asia".

AS, Korea Selatan, dan Jepang dilaporkan akan melakukan latihan deteksi dan pelacakan rudal gabungan yang disebut dengan "Pacific Dragon". Latihan dilakukan di dekat Hawaii pada Agustus nanti.

"AS semakin bersikeras pada kerja sama militer dengan antek-anteknya dengan mengabaikan permintaan keamanan utama dan kekhawatiran negara-negara Asia Pasifik," tulis KCNA.

Dalam pernyataan serupa selama akhir pekan, Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan latihan tersebut menunjukkan kemunafikan tawaran AS untuk keterlibatan diplomatik dan dialog tanpa prasyarat dengan Pyongyang.

“Skema pembentukan aliansi militer AS-Jepang-Korea Selatan merupakan awal yang berbahaya bagi pembentukan 'NATO versi Asia'," lanjut KCNA.

Sementara itu, para pemimpin Korea Selatan dan Jepang dijadwalkan untuk menghadiri KTT NATO sebagai pengamat untuk pertama kalinya. Mereka juga akan bertemu dengan Presiden AS Joe Biden untuk membahas Korea Utara.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA