Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pasok Industri Militer Rusia, Perusahaan-perusahaan China Masuk Daftar Hitam AS

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 29 Juni 2022, 11:06 WIB
Pasok Industri Militer Rusia, Perusahaan-perusahaan China Masuk Daftar Hitam AS
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
Sejumlah perusahaan China diyakini telah memasok barang ke pangkalan industri militer Rusia. Perusahaan-perusahaan tersebut kemudian masuk dalam daftar hitam Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS).

Beberapa perusahaan China yang diyakini AS bekerja dengan pangkalan industri militer Rusia meliputi Connec Electronic Ltd., King Pai Technology Co., Ltd., Sinno Electronics Co., Ltd., Winninc Electronic, dan World Jetta (H.K.) Logistics Limited .

Perusahaan-perusahaan tersebut dilaporkan memiliki basis di Lithuania, Rusia, Inggris, Uzbekistan, dan Vietnam.

“Entitas ini sebelumnya telah memasok barang ke entitas Rusia yang menjadi perhatian sebelum 24 Februari 2022 dan terus melakukan kontrak untuk memasok entitas Rusia yang terdaftar dan pihak yang terkena sanksi setelah invasi lebih lanjut Rusia ke Ukraina,” kata Departemen Perdagangan AS, seperti dikutip National Review.

Selain itu, dua perusahaan China yang sebelumnya masuk daftar hitam karena terus mendukung militer Rusia. Merka adalah China Electronics Technology Group Corporation dan salah satu anak perusahaannya, Teknologi Elektronik Mikro.

Mereka awalnya masuk daftar hitam pada tahun 2018 karena pengadaan teknologi secara ilegal untuk militer China dengan cara yang merugikan keamanan nasional AS.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA