Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Di Meja Bundar, Jokowi dan Zelensky Bahas Upaya Perdamaian Ukraina-Rusia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 29 Juni 2022, 21:06 WIB
Di Meja Bundar, Jokowi dan Zelensky Bahas Upaya Perdamaian Ukraina-Rusia
Presiden Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbincang di Istana Maryinsky, Kyiv pada Rabu, 29 Juni 2022/Net
Presiden Joko Widodo disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat tiba di Istana Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/6).

Tampak Jokowi dengan kemeja putih disambut oleh Zelensky dengan setelan serba hijau khasnya di depan istana sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Keduanya kemudian menyampa masing-masing delegasi kedua negara. Jokowi sendiri ditemani oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selain itu juga tampak Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin.

Setelah saling menyapa, keduanya melakukan pertemuan bilateral.

"Di meja bundar kecil ini, saya dan Presiden Zelensky berbincang di Istana Maryinsky, Kyiv," kata Jokowi, sembari mengunggah fotonya yang duduk berhadap-hadapan dengan pemimpin Ukraina itu.

Jokowi bersama Ibu Iriana dan rombongan terbatas tiba di Kyiv pada Rabu pagi, setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 11 jam menggunakan Kereta Luar Biasa dari Polandia pada Selasa malam (28/6) waktu setempat.

Setelah itu, Jokowi mengunjungi Apartemen Lipky di Kota Irpin yang rusak akibat perang. Ia juga bertandang ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kyiv.

Kunjungan Jokowi ke Ukraina merupakan bagian dari misi perdamaian, serta upaya menjaga rantai pasokan pangan.

Usai dari Ukraina, Jokowi akan mengunjungi Rusia dan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin dengan membawa misi yang sama.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA