Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ikuti Rusia, Suriah Jadi Negara Kedua yang Akui Kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 30 Juni 2022, 08:05 WIB
Ikuti Rusia, Suriah Jadi Negara Kedua yang Akui Kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk
Ilustrasi/Net
Pemerintah Suriah resmi menjadi negara kedua yang mengakui kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk, yang mengumumkan niat mereka untuk melepaskan diri dari Ukraina pada 2014 dan secara resmi diakui oleh Rusia pada Februari.

Pengumuman tersebut dilaporkan Kantor Berita Arab Suriah (SANA) pada Rabu sore (waktu setempat), mengutip sumber-sumber di Kementerian Luar Negeri di Damaskus.

“Mewujudkan keinginan dan keinginan bersama untuk membangun hubungan di semua bidang, Republik Arab Suriah telah memutuskan untuk mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Republik Rakyat Lugansk dan Republik Rakyat Donetsk,” bunyi laporan itu, seperti dikutip dari AP, Kamis (30/6).

Donetsk dan Luhansk, yang bersama-sama membentuk wilayah Donbass, mendeklarasikan kemerdekaan dari Ukraina pada 2014, setelah kudeta yang didukung Barat menggulingkan presiden terpilih secara demokratis Viktor Yanukovych.

Militer Kiev kemudian mengobarkan perang selama delapan tahun melawan kedua republik, sampai Rusia mengakui kemerdekaan mereka pada Februari, dua hari sebelum dimulainya operasi militer Moskow di Ukraina.

Pada Februari 2022, Presiden Suriah Bashar Assad menyatakan bahwa dia akan siap untuk mengakui dua republik di Donbass. Ribuan relawan Suriah berpartisipasi dalam operasi militer Rusia di sana.

Sejumlah negara lain, termasuk Belarus, Nikaragua, Sudan dan Venezuela, belum mengakui republik Donbass, tetapi mengumumkan dukungan mereka untuk pengakuan Rusia.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA