Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Didatangi Xi Jinping, Hong Kong Larang Beberapa Jurnalis Liput Peringatan 1 Juli

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 30 Juni 2022, 13:42 WIB
Didatangi Xi Jinping, Hong Kong Larang Beberapa Jurnalis Liput Peringatan 1 Juli
Presiden China Xi Jinping/Net
Presiden Xi Jinping diperkirakan akan menghadiri peringatan 25 tahun diserahkannya Hong Kong kepada China yang jatuh pada Jumat (1/7).

Menjelang peringatan tersebut, keamanan Hong Kong diperketat, dengan beberapa bagian kota ditutup dan beberapa jurnalis dilarang menghadiri acara.

Sejauh ini, rincian terkait perjalanan Xi ke Hong Kong masih dirahasiakan. Ini akan menjadi kunjungan pertama Xi ke luar daratan China sejak pandemi Covid-19.

Tetapi menurut AFP, Xi kemungkinan akan bermalam di Shenzhen, sebelum berangkat ke Hong Kong.

Acara peringatan tersebut hanya akan dihadiri oleh pejabat tinggi yang aturan ketat, meliputi pembatasan kontak sosial, tes PCR, hingga karantina di hotel.

Otoritas Hong Kong juga telah meningkatkan pengawasan, termasuk melakukan sembilan penangkapan selama sepekan terakhir.

Liga Sosial Demokrat, salah satu dari sedikit kelompok oposisi Hong Kong yang tersisa, mengatakan tidak akan berdemonstrasi pada 1 Juli setelah diimbau petugas keamanan nasional.

Kelompok jajak pendapat teratas Hong Kong juga mengumumkan akan menunda penerbitan hasil survei yang mengukur popularitas pemerintah.

Umumnya, peringatan 1 Juli di Hong Kong ditandai dengan demonstrasi damai, di mana puluhan ribu orang turun ke jalan. Namun setelah China memberlakukan UU Keamanan Nasional di Hong Kong, wajah kota tersebut berubah, dengan pertemuan publik dilarang secara tidak langsung.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA