Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Suara Tembakan Warnai Gelaran Loya Jirga Pertama Taliban di Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/abdul-mansoor-hassan-zada-1'>ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA</a>
LAPORAN: ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA
  • Kamis, 30 Juni 2022, 17:12 WIB
Suara Tembakan Warnai Gelaran Loya Jirga Pertama Taliban di Afghanistan
Suara tembakan dilaporkan terdengar dari dekat lokasi diselenggarakannya Loya Jirga di Kabul, Afghanistan pada Kamis, 30 Juni 2022/Net
rmol news logo Gelaran majelis Loya Jirga pertama setelah Taliban berkuasa diwarnai bentrokan di Kabul, Afghanistan pada Kamis (30/6) waktu setempat.

Suara tembakan dilaporkan terdengar dari Universitas Politeknik Kabul yang menjadi lokasi pertemuan. Insiden tersebut juga dibenarkan oleh penduduk setempat.

Video yang tersebar menunjukkan kendaraan-kendaraan lapis baja dan para pejuang Taliban di jalanan.

Informasi yang didapat oleh Kantor Berita Politik RMOL menyebut Front Kemerdekaan Nasional telah mengklaim serangan.

Loya Jirga merupakan majelis tradisional yang berisi para cendikiawan, ulama, hingga tokoh-tokoh suku penting di seluruh Afghanistan. Mereka bertemu untuk membuat konsensus terkait hal-hal tertentu, termasuk isu politik.

Dalam Loya Jirga yang Taliban sebut sebagai "Great Gathering of Afghan Religious Scholars", tidak ada perempuan yang diikutkan.

Taliban menuturkan akan membahas sejumlah isu yang dibahas dalam pertemuan. Namun mereka tidak akan mengundang pemerintahan sebelumnya yang dipegang oleh mantan Presiden Ashraf Ghani.

Setelah mengambil alih kekuasaan pada pertengahan Agustus lalu, Taliban belum berhasil mendapatkan pengakuan dunia internasional. Situasi juga semakin memburuk setelah Afghanistan diguncang gempa dahsyat yang membuat ribuan orang meninggal dunia baru-baru ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA