Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dikunjungi Jokowi, Putin: Saya Akan Beri Tahu Semuanya Tentang Apa yang Terjadi di Ukraina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 30 Juni 2022, 22:30 WIB
Dikunjungi Jokowi, Putin: Saya Akan Beri Tahu Semuanya Tentang Apa yang Terjadi di Ukraina
Presiden Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan pertemuan di Moskow pada Kamis, 30 Juni 2022/Net
Presiden Joko Widodo akhirnya melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada Kamis (30/6).

Tidak seperti pertemuannya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv pada Rabu (29/6), kali ini Jokowi tampil lebih formal dengan setelan jas. Pakaian serupa juga dikenakan oleh Putin.

Foto yang diunggah di situs Kremlin menunjukkan keduanya tersenyum sembari berbincang.

"Saya sangat senang melihat Anda di Rusia, di Moskow. Saya tahu ini kunjungan pertama Anda ke negara kami," kata Putin kepada Jokowi.

Putin mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kemitraan baik dengan Rusia, dan telah menjalin hubungan diplomatik selama puluhan tahun. Kedua negara juga bekerja sama di banyak aspek, termasuk ekonomi, politik, keamanan, bahkan anti-terorisme.

"Tahun ini, Anda menjadi Presiden G20, dan tahun depan bertanggung jawab atas ASEAN," tambahnya.

Di samping itu, Putin juga turut menyoroti isu utama yang membawa Jokowi ke Rusia, yaitu perang di Ukraina.

"Ketika kita berbicara lewat telepon, Anda menunjukkan kepedulian yang lebih dan ketertarikan terhadap isu penyelesaian krisis di Ukraina, di Donbas. Tentunya, saya akan memberi tahu Anda secara rinci tentang semua yang terjadi di sana dan tentang perspektif kami tentang masalah ini," tutup Putin.

Jokowi sendiri tiba di Moskow setelah terbang dari Polandia untuk membawa misi perdamaian. Ia didampingi oleh Ibu Negara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA