Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Putin di Kremlin, Jokowi: Saya Sudah Sampaikan Pesan Zelensky

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 01 Juli 2022, 00:38 WIB
Bertemu Putin di Kremlin, Jokowi: Saya Sudah Sampaikan Pesan Zelensky
Presiden RI Joko Widodo bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin/Ist
rmol news logo Upaya Presiden Joko Widodo untuk menjembatani komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sudah setengah jalan. Setidaknya, Jokowi sudah menyampaikan pesan Zelensky kepada Putin ketika keduanya bertemu di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin, dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," ucap Jokowi saat menyampaikan keterangan pers usai bertemu Putin yang dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6).

Jokowi menyadari bahwa situasi perang Rusia dan Ukraina saat ini masih sulit untuk mencapai titik akhir. Namun, dia menyebut penyelesaian secara damai harus tetap diupayakan.

"Sebagaimana yang saya sampaikan di Kyiv, walaupun situasi saat ini masih sangat sulit, namun saya tetap menyampaikan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus bisa dibuka," tutur dia.

Pada pertemuan tersebut, Jokowi dan Putin juga membahas mengenai pangan dan pupuk dunia. Jokowi mengatakan kepada Putin bahwa pasokan pangan dan pupuk di negara berkembang terganggu akibat perang Rusia-Ukraina.

"Saya tadi banyak berdiskusi dan menekankan bahwa pangan dan pupuk adalah masalah kemanusiaan, merupakan kepentingan masyarakat dunia dan ratusan juga orang terdampak dengan terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk terutama di negara-negara berkembang," paparnya.

Usai mendengar pemaparan Jokowi, Putin pun lantas memberikan jaminan mengenai keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Rusia dan Ukraina.

"Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa (akan) memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia maupun dari Ukraina. Ini sebuah berita yang baik," kata Jokowi.

"Demi kemanusiaan saya juga mendukung upaya PBB untuk reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan komoditi pangan Ukraina untuk masuk lagi dalam rantai pasok dunia. Dan khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina terutama melalui jalur laut tadi, sekali lagi, Presiden Putin juga memberikan jaminannya," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA