Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temukan Salmonella, Pabrik Cokelat Barry Callebaut Swiss Hentikan Produksi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 01 Juli 2022, 07:41 WIB
Temukan Salmonella, Pabrik Cokelat Barry Callebaut Swiss Hentikan Produksi
Pabrik cokelat Barry Callebaut/Net
rmol news logo Produsen cokelat ternama Swiss, Barry Callebaut, telah menutup sementara salah satu pabriknya lantaran menemukan bakteri salmonella pada salah satu bahan bakunya.

"Produsen cokelat Swiss Barry Callebaut menghentikan operasi di pabriknya di kota Wieze, Belgia," kata perusahaan dalam pernyataan pada Kamis (30/6).

Menurut pernyataan tersebut, bakteri salmonella ditemukan dalam lesitin, yang digunakan di semua produk cokelatnya. Untuk itu, perusahaan memutuskan menutup sementara pabrik.

"Bagi Barry Callebaut, keamanan pangan adalah yang terpenting. Program keamanan pangan kami yang kuat memungkinkan kami untuk dengan cepat mengidentifikasi lesitin sebagai sumber kontaminasi," lanjut perusahaan, seperti dikutip UPI.

Perusahaan mengatakan telah memberi tahu otoritas makanan Belgia tentang insiden tersebut dan telah mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan semua lini produksi cokelat, serta memblokir semua produk yang diproduksi sejak saat pengujian.

"Kami saat ini menjangkau semua pelanggan yang mungkin telah menerima produk yang terkena dampak. Produksi cokelat di Wieze akan tetap ditangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut," ujar perusahaan.

Berry Callebaut yang juga memasok cokelat ke sejumlah pengolah, seperti Neuhaus, The Belgian Chocolate Group, Guylian dan Mondelez juga sudah menutup jalur pengiriman.

Hal ini membuat para pengolah terdampak karena harus menutup seluruh atau sebagian dari produksi karena potensi kontaminasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA