Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sambut Pengganti Carrie Lam, Xi Jinping Menggenggam Hong Kong Semakin Erat

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 01 Juli 2022, 08:19 WIB
Sambut Pengganti Carrie Lam, Xi Jinping Menggenggam Hong Kong Semakin Erat
Presiden China Xi Jinping ketika menyapa warga Hong Kong pada 30 Juni 2022/Reuters
Hong Kong mengerahkan pasukan keamanan secara besar-besaran di berbagai daerah menjelang acara peringatan 25 tahun penyerahan bekas koloni Inggris itu ke China.

Peringatan pada Jumat (1/7) itu dihadiri oleh Presiden Xi Jinping. Nantinya Xi akan mengambil sumpah dari pemimpin baru Hong Kong.

Tampak lentera merah dan poster berisi "era baru" menghiasi jalan-jalan utama dan jalan setapak di dekat pusat konvensi tepi pelabuhan.

Menurut Reuters, Xi sudah tiba di Hong Kong pada Kamis sore (30/6). Ini adalah kunjungan Xi ke Hong Kong yang pertama sejak 2017, ketika ia menerima sumpah dari Kepala Eksekutif Carrie Lam.

Kali ini, Xi akan menerima sumpah dari pengganti Lam, yaitu John Lee. Lee dikenal memiliki andil besar dalam penerapan UU keamanan nasional di Hong Kong.

Sejumlah pakar menilai kunjungan Xi sebagai "tur kemenangan" bagi Beijing yang berhasil mempererat kendalinya atas Hong Kong lewat UU keamanan nasional.

Peringatan 1 Juli dilakukan untuk merayakan kembalinya Hong Kong ke tangan China pada 1997 dari Inggris. Namun selama penyerahan tersebut, China menerapkan kebijakan "satu negara, dua sistem" yang menjamin otonomi luas bagi Hong Kong.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA