Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dihadiri Pemimpin Tertinggi Taliban, Loya Jirga Afghanistan Tak Ikutkan Perempuan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 01 Juli 2022, 16:36 WIB
Dihadiri Pemimpin Tertinggi Taliban, Loya Jirga Afghanistan Tak Ikutkan Perempuan
Pemimpin Tertinggi Taliban Haibatullah Akhundzada/Net
Dikenal sangat tertutup dan jarang tampil di depan publik, Pemimpin Tertinggi Taliban Haibatullah Akhundzada ternyata ikut menghadiri pertemuan para ulama Afghanistan atau yang dikenal dengan Loya Jirga.

Pertemuan yang digelar di halaman Universitas Politeknik Kabul pada Jumat (1/7) itu dihadiri oleh lebih dari 3.000 peserta yang semuanya pria.

Dengan tema persatuan nasional, Akhundzada memberikan pidatonya di bawah pengamanan yang ketat, seperti dikutip The New Arab.

Pada Kamis (30/6), suara tembakan dilaporkan terdengar di dekat lokasi pertemuan. Tetapi Taliban menyebut situasi telah terkendali.

Berbicara dalam pertemuan tersebut, penjabat menteri dalam negeri Sirajuddin Haqqani mengatakan dunia menuntut pemerintah dan pendidikan yang inklusif, dan masalah tersebut membutuhkan waktu.

"Silaturahmi ini adalah tentang kepercayaan, interaksi, kita di sini untuk membuat masa depan kita sesuai dengan Islam dan untuk kepentingan nasional," ujarnya.

Jurubicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan akan menghormati keputusan dalam pertemuan itu, tetapi keputusan akhir tentang pendidikan anak perempuan terserah pada pemimpin tertinggi.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA