Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tak Puas Kinerja Pemerintah, Gedung Parlemen Libya Digeruduk Pengunjuk Rasa

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 02 Juli 2022, 07:50 WIB
Tak Puas Kinerja Pemerintah, Gedung Parlemen Libya Digeruduk Pengunjuk Rasa
Masyarakat Libya memprotes pemadaman listrik di dalam Martyrs' Square, di Tripoli, Libya 1 Juli 2022/Net
Unjuk rasa berujung kekacauan melanda Libya pada Jumat malam (1/7) waktu setempat, di mana para pendemo memaksa masuk ke dalam gedung Parlemen.

Saksi mata di tempat kejadian mengatakan para pengunjuk rasa melakukan pembakaran di depan gedung. Mereka mengekspresikan kemarahan terhadap partai-partai politik Libya yang bertikai

"Pasukan keamanan yang melindungi parlemen mundur dari lokasi," kata saksi mata, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (2/7).

Demonstrasi Jumat yang digelar atas kegagalan pemerintah itu melanda Tobruk, Benghazi, dan beberapa kota kecil di Libya.

Libya berada dalam kekacauan sejak pemberontakan yang didukung NATO pada 2011 yang menggulingkan Muammar Gaddafi. Pada 2014, negara itu terpecah antara faksi timur dan barat yang bertikai sebelum proses perdamaian yang dimulai pada 2020 mencoba menyatukan negara itu kembali.

Namun, setelah pemilihan yang dijadwalkan dihentikan pada bulan Desember, parlemen yang berbasis di timur mengatakan pemerintah persatuan sementara Abdulhamid al-Dbeibah telah berakhir dan menunjuk Fathi Bashagha untuk menggantikannya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA