Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Wilayah Pemukiman Odesa Diterjang Roket Rusia, 21 Tewas Puluhan Terluka

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 02 Juli 2022, 12:49 WIB
Wilayah Pemukiman Odesa Diterjang Roket Rusia, 21 Tewas Puluhan Terluka
Sebuah bangunan tempat tinggal yang rusak diterjang roket Rusia terlihat di Odesa, Ukraina/Net
Sedikitnya 21 orang tewas dalam sebuah serangan rudal terbaru yang dilakukan Rusia di daerah pemukiman di dekat pelabuhan Odesa, Ukraina pada Jumat pagi (1/7) waktu setempat.

Video serangan sebelum fajar menunjukkan reruntuhan bangunan yang hangus di kota kecil Serhiivka, yang terletak sekitar 50 kilometer dari Odesa.

Kantor kepresidenan Ukraina mengatakan tiga rudal Kh-22 yang ditembakkan oleh pesawat tempur menghantam sebuah gedung apartemen dan tempat perkemahan.

Sementara itu media Ukraina melaporkan 21 orang tewas, termasuk anak-anak. Dikatakan 38 orang lainnya, termasuk enam anak dan seorang wanita hamil, dirawat di rumah sakit. Sebagian besar korban meninggal adalah mereka yang sedang berada di gedung apartemen.

KepalaDinas Keamanan Ukraina, SBU, Ivan Bakanov buka suara atas serangan itu.

"Para penjajah tidak bisa menang di medan perang, jadi mereka melakukan pembunuhan keji terhadap warga sipil," Bakanov, seperti dikutip dari AP, Sabtu (2/7).

"Setelah musuh diusir dari Pulau Ular, dia memutuskan untuk membalas dengan penembakan sinis terhadap sasaran sipil," katanya.

Pihak berwenang Ukraina menafsirkan serangan itu sebagai balasan atas pasukan Rusia yang dipaksa keluar dari Pulau Ular sehari sebelumnya, meskipun Moskow menggambarkan kepergian mereka sebagai "isyarat niat baik" untuk membantu membuka blokir ekspor gandum dari negara itu.

Pasukan Rusia mengambil alih Pulau Ular pada hari-hari awal perang dengan harapan nyata untuk menggunakannya sebagai tempat pementasan untuk menyerang Odesa, pelabuhan terbesar Ukraina dan markas angkatan lautnya. (F)
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA