Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lukashenko: Jika Diserang, Belarus Siap Targetkan Ibukota Barat

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 04 Juli 2022, 08:45 WIB
Lukashenko: Jika Diserang, Belarus Siap Targetkan Ibukota Barat
Presiden Belarus, Alexander Lukashenko/Net
Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengirim peringatan tegas bagi negara-negara Barat. Ia bahkan mengancam akan mengirim serangan ke ibukota salah satu negara Barat sebagai balasan.

Hal itu disampaikan Lukashenko ketika berpidato di pertemuan Commonwealth of Independent States (CIS) di Konstantin Palace pada Sabtu (2/7).

Peringatan muncul di tengah meningkatnya ketegangan perang di Ukraina.

"Jangan sentuh kami, dan kami tidak akan menyentuh Anda," ujarnya, seperti dikutip DPA.

Ia menyebut telah memerintahkan angkatan bersenjatanya untuk menargetkan "pusat pengambilan keputusan" di ibukota Barat jika terjadi serangan terhadap Belarus.

Terlepas dari kenyataan bahwa Rusia yang menginvasi Ukraina, Moskow dan sekutu setianya Minsk telah berulang kali berusaha untuk menggambarkan diri mereka sebagai korban dari kebijakan Barat dan NATO yang dianggap bermusuhan.

Ada kekhawatiran bahwa Belarus dapat secara resmi memasuki perang bersama Rusia sejak konflik Ukraina dimulai pada Februari, dengan Lukashenko mengakui bahwa rudal Rusia ditembakkan ke Ukraina dari wilayah Belarus pada minggu-minggu pertama invasi.

Pada pertemuan puncak dua hari di Madrid awal pekan ini, NATO memutuskan untuk secara signifikan memperkuat sayap timurnya dan memulai proses penerimaan Finlandia dan Swedia ke dalam aliansi pertahanan.

Presiden Rusia Vladimir Putin kemudian mengumumkan niatnya untuk menanggapi kemungkinan pemindahan tentara NATO ke Finlandia dengan penempatan pasukan Rusia yang proporsional di wilayah tersebut.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA