Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Fregat AL China Belayar di Pulau Sengketa, Jepang Protes ke Beijing

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 04 Juli 2022, 15:07 WIB
Fregat AL China Belayar di Pulau Sengketa, Jepang Protes ke Beijing
Ilustrasi/Net
Jepang telah mengajukan protes terhadap Beijing atas aksi kapal angkatan laut China yang berlayar di dekat pulau yang disengketakan.

Pulau yang dikenal oleh Tokyo sebagai Senkaku dan Beijing sebagai Diaoyu itu terletak di Laut China Timur. Pulau tersebut menjadi pusat perselisihan antara kedua negara tersebut.

Kementerian Pertahanan Jepang menyebut, sebuah fregat milik angkatan laut China terpantau memasuki perairan Jepang di dekat pulau tersebut pada Senin (4/7) pukul 07.44 pagi waktu setempat.

"Kami menyatakan keprihatinan besar dan mengajukan protes kami ke pihak China melalui jalur diplomatik, dan mendesak mereka untuk mencegah terulangnya insiden serupa," kata Wakil Kepala Sekretaris Kabinet, Seiji Kihara, seperti dimuat AFP.

"Pulau-pulau itu adalah wilayah Jepang dari sudut pandang sejarah dan hukum internasional," tambahnya.

Menurut laporan NHK, Jiji Press, dan media Jepang lainnya, sebuah kapal angkatan laut Rusia juga terlihat di perairan yang berdekatan dari pulau yang disengketakan pada Senin pagi.

Para pejabat Jepang secara teratur memprotes keberadaan kapal penjaga pantai China di perairan dekat pulau-pulau itu. Namun NHK menyebut ini adalah pertama kalinya sejak 2018 sebuah kapal angkatan laut terlihat di sana.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA