Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

50 Tahun Pernyataan Bersama Selatan-Utara, Korsel Dorong Struktur Dialog Baru Dua Korea

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 04 Juli 2022, 16:46 WIB
50 Tahun Pernyataan Bersama Selatan-Utara, Korsel Dorong Struktur Dialog Baru Dua Korea
Menteri Unifikasi Korea Selatan Kwon Young-se/Net
Korea Selatan akan mendorong dibuatnya suatu struktur baru untuk dialog dua-Korea, khususnya mengenai masalah denuklirisasi.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Unifikasi Kwon Young-se dalam pidatonya untuk memperingati 50 tahun penandatanganan dokumen bersejarah pada 4 Juli, yaitu Pernyataan Bersama Selatan-Utara.

"Pemerintahan Yoon Suk-yeol akan membuka jalan baru untuk pengembangan hubungan Selatan-Utara yang berkelanjutan, berpegang pada dasar-dasar menghormati semua perjanjian antar-Korea dari pemerintahan sebelumnya," ujar Kwon, seperti dikutip dari Yonhap News Agency.

Kwon menekankan, masalah denuklirisasi Korea Utara tidak boleh ditinggalkan dalam pembicaraan dua Korea.

Untuk itu, diperlukan sebuah struktur pembicaraan baru yang dapat secara efektif membahas denuklirisasi, pembangunan politik dan militer, dan kerja sama ekonomi antar-Korea.

"Saya percaya denuklirisasi Korea Utara dan masalah membangun kepercayaan politik dan militer harus ditempatkan di meja perundingan jika pertemuan puncak antar-Korea diadakan," jelasnya.

Lebih lanjut, Kwon mengatakan Seoul siap untuk berbicara dengan Pyongyang tentang semua masalah yang tertunda selama ini.

"Jika ada sesuatu yang diinginkan pihak berwenang Korea Utara, mereka dapat berdialog dan membicarakannya," ucapnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA