Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China: Myanmar Sudah Janji Akan Kembali ke Transisi Demokrasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 04 Juli 2022, 18:20 WIB
China: Myanmar Sudah Janji Akan Kembali ke Transisi Demokrasi
Menteri Luar Negeri Myanmar Wunna Maung Lwin dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi/Net
rmol news logo Myanmar telah menyampaikan komitmen untuk melanjutkan proses transisi demokrasi sesuai dengan peta jalan yang ditetapkan oleh junta untuk memenuhi konsensus lima poin ASEAN.

Komitmen tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri junta Wunna Maung Lwin ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Wi di sela-sela Pertemuan Menlu Kerja Sama Lancang-Mekong di Bagan, Myanmar pada Minggu (3/7).

"Myanmar akan terus mendorong proses transisi demokrasi dengan melaksanakan peta jalan lima poin Dewan Administrasi Negara (SAC) yang dipimpin junta dan konsensus lima poin ASEAN," kata Kementerian Luar Negeri China, seperti dikutip Anadolu Agency.

Pada kesempatan itu, Wang juga mendorong agar junta melakukan dialog dengan pihak-pihak berlawanan, termasuk pemimpin sipil yang digulingkan, Aung San Suu Kyi.

"China dengan tulus berharap Myanmar akan menikmati stabilitas politik dan sosial," kata Wang kepada Lwin.

Myanmar menghadapi kudeta militer pada Februari tahun lalu, menyusul kerusuhan sipil yang meluas yang membuat lebih dari 2.000 orang meninggal dunia.

PBB memperkirakan lebih dari 700 ribu orang, termasuk lebih dari 250 ribu anak-anak, melarikan diri dari negara tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA