Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Paus Fransiskus Tepis Dugaan akan Mengundurkan Diri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 05 Juli 2022, 06:16 WIB
Paus Fransiskus Tepis Dugaan akan Mengundurkan Diri
Paus Fransiskus/Net
rmol news logo Dalam waktu dekat Paus Fransiskus akan mengunjungi Kanada. Moskos dan Kyiv juga menjadi tujuan kunjungan berikutnya. Meskipun kemungkinan besar perjalanan itu dibatalkan karena kondisi kesehatannya yang kurang baik, namun rangkaian perjalanan yang telah ada dalam agenda kerjanya itu menepiskan dugaan  bahwa Paus akan mengundurkan diri.

Dugaan itu muncul setelah Paus melakukan pertemuan dengan para kardinal dunia untuk membahas konstitusi Vatikan sekaligus menghadiri upacara pelantikan kardinal baru, serta kunjungan ke kota L'Aquila di Italia.

Pada 1294, Paus Celestine V mengundurkan diri dari kepausan tak lama setelah ia mengunjungi kota itu. Begitu juga dengan Paus Benediktus XVI yang mundur setelah berkunjung ke kota itu.

Paus menepis semua kabar itu dengan mengatakan bahwa itu hanya kebetulan.

"Semua kebetulan ini membuat beberapa orang berpikir bahwa 'liturgi' yang sama akan terjadi," katanya, dalam sebuah wawancara di Vatikan, dikutip dari Reuters, Senin (4/7).

"Itu tidak pernah terlintas dalam pikiranku. Untuk saat ini tidak, untuk saat ini, tidak. Sungguh!" tambahnya.

Ia juga membantah bahwa dia mengidap kanker.

"Tidak, tidak," katanya sambil bergurau. "Dokter tidak memberi tahu saya apa-apa tentang itu," katanya.

Ia tidak menyangkal bahwa ketika suatu hari kesehatannya semakin memburuk, maka kemungkinan ia akan mengundurkan diri, tetapi tidak dalam waktu dekat ini. Ia juga mengungkapkan kondisi lututnya yang sedikit bermasalah. Tapi dia mengatakan dia tidak ingin operasi pada lututnya karena anestesi umum pada operasi tahun lalu memiliki efek samping negatif.

Ia menegaskan ia akan tetap menjalankan tugas-tugasnya dan belum berpikir soal mengundurkan diri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA