Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jihadis Kembali Berulah, 27 Warga Sipil Burkina Faso Tewas

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 05 Juli 2022, 06:45 WIB
Jihadis Kembali Berulah, 27 Warga Sipil Burkina Faso Tewas
Ilustrasi/Net
Jihadis di Burkina Faso kembali berulah. Sedikitnya 27 orang tewas dalam dua serangan terpisah selama akhir pekan yang menargetkan warga sipil di utara dan barat laut negara itu.

Sumber keamanan setempat mengatakan kepada AFP bahwa serangan itu terjadi pada Minggu malam (3/7) hingga Senin (4/7) waktu setempat.

"Orang-orang bersenjata menyerang warga sipil di Bourasso, sebuah daerah dekat D├ędougou, ibu kota provinsi Kossi," kata sumber itu.

"Ada sekitar 15 korban (meninggal), pria, wanita dan anak-anak, menurut penilaian sementara," lanjutnya.

Sebuah sumber lokal, yang dihubungi oleh AFP, membenarkan serangan itu, menyebutkan ada sekitar dua puluh orang tewas.

"Orang-orang bersenjata pertama kali berkeliling sekitar pukul 5 sore (waktu setempat) di desa melepaskan tembakan ke udara. Mereka kembali nanti malam dan menembaki orang-orang tanpa pandang bulu," kata warga.

Pada hari Sabtu, serangan mematikan lainnya juga terjadi di Namissiguima, provinsi utara Yatenga, menurut sumber keamanan lainnya.

"Jumlah korban tewas akibat serangan ini adalah 12 orang, termasuk tiga orang Relawan Pertahanan Tanah Air (VDP)," kata sumber tersebut, yang juga menyebut gelombang perpindahan penduduk sejak Minggu.

Burkina Faso telah terperangkap dalam spiral kekerasan sejak 2015, dikaitkan dengan gerakan jihad bersenjata yang berafiliasi dengan Al-Qaeda dan kelompok Negara Islam, yang telah menewaskan ribuan orang dan 1,9 juta orang mengungsi.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA