Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Satu Dekade Pembangunan Militer Korea Utara di Tangan Kim Jong Un

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 06 Juli 2022, 06:33 WIB
Satu Dekade Pembangunan Militer Korea Utara di Tangan Kim Jong Un
Parade militer di Korea Utara/Net
Setelah naik ke tampuk kekuasaan pada 2012, Kim Jong Un menjadikan Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) atau Korea Utara semakin tidak dapat diremehkan.

Bahkan di tengah kacaunya dunia karena perang, Korea Utara terus tumbuh semakin kuat.

Tujuan Kim adalah mengembangkan Tentara Rakyat Korea (KPA) menjadi tentara yang kuat dalam ideologi dan moralitas. Untuk itu ia mengutamakan ide-ide revolusioner, hingga kekuatan spiritual dan moral pada setiap tentara.

Dalam hal ini, Kim selalu memastikan pelatihan perwira dilakukan agar mereka mampu dan terampil memimpin unit-unit persenjataan dan layanan di semua tingkatan.

Tingkat modernisasi pelatihan tempur di setiap unit juga perlu ditingkatkan, sehingga semua unit dan subunit dapat sepenuhnya melakukan misi tempur apapun.

Setiap prajurit KPA dipersiapkan sebagai ahli perang modern dan prajurit elite yang sangat cakap dalam pertempuran nyata.

Di samping itu, Kim telah menaruh perhatian besar untuk mengembangkan perangkat keras militer dan sarana material KPA lainnya.

Upaya Kim membuahkan hasil karena saat ini Korea Utara mampu memiliki semua senjata absolut, monopoli kekuatan nuklir hanya dalam beberapa tahun, membuat lompatan maju untuk mengembangkan dan memproduksi senjata tipe Juxhe yang tidak diketahui.

Tahun lalu, Korea Utara berhasil melakukan uji tembak rudal taktis tipe baru dan rudal jelajah jarak jauh, termasuk rudal anti-pesawat dan SLBM tipe baru.

Sementara pada tahun ini, Korea Utara juga sukses melakukan uji tembak rudal antarbenua tipe baru, Hwasongpho-17.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA