Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Zelensky: Kehadiran Ukraina di KTT G20 Tergantung Agresifitas Rusia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 06 Juli 2022, 09:28 WIB
Zelensky: Kehadiran Ukraina di KTT G20 Tergantung Agresifitas Rusia
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
Ukraina masih mempertimbangkan partisipasinya dalam gelaran KTT G20 yang akan berlangsung di Bali pada November mendatang.

Presiden Volodymyr Zelensky menegaskan, langkah tersebut akan sangat bergantung pada agresifitas Rusia terkait invasi yang dilancarkannya ke Ukraina sejak 24 Februari lalu.

"Partisipasi kami tergantung pada Federasi Rusia, apakah (mereka) akan ada di sana," kata Zelensky, seperti dikutip dari kantor berita Ukraina, Interfax, Rabu (6/7).

Zelensky mengatakan, jika pasukan Rusia terus melakukan tindakan kejamnya terhadap warga sipil Ukraina, maka Kyiv akan memperhitungkan "isolasi penuh" terhadap Moskow.

Selama kunjungannya ke Kyiv pada pekan lalu, Presiden RI Joko Widodo telah mengundang Zelensky untuk menghadiri KTT G20 secara langsung.

"Saya mengatakan kepada presiden Indonesia bahwa kami berterima kasih atas undangan itu, tetapi kami memiliki situasi keamanan," kata Zelensky.

Lebih lanjut, Zelensky mengaku ragu banyak negara akan menghadiri KTT G20 jika Rusia berencana hadir di sana.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengisyaratkan niatnya untuk menghadiri pertemuan tersebut. Meskipun masih belum jelas apakah ia berencana untuk menghadiri acara tersebut secara virtual atau secara langsung.

Isu ketahanan pangan global sehubungan dengan dampak perang Rusia di Ukraina kemungkinan akan menjadi agenda utama pada KTT G20 nanti.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA