Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sydney Terancam Alami Inflasi Akibat Genangan Banjir

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 07 Juli 2022, 00:42 WIB
Sydney Terancam Alami Inflasi Akibat Genangan Banjir
Banjir yang menggenangi daerah Windsor Barat, Sydney, Australia/Net
Banjir yang terus menggenangi daerah Windsor Barat, Sydney, Australia, sejak Selasa (5/7), diperkirakan akan berdampak pada ekonomi warga karena beberapa daerah penghasil makanan turut terendam air.

Bendahara Federal Jim Chalmers memperingatkan efek dari banjir yang berkelanjutan terhadap ekonomi akan semakin membesar. Terendamnya daerah penghasil makanan akan memukul pasokan serta menaikkan harga sayuran dan buah-buahan.

"Bahwa masalah inflasi yang kita miliki dalam perekonomian kita akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik. Ada banyak sumber, tetapi ini (banjir) akan menjadi salah satunya," kata Chalmers dikutip Sky News.

Reserve Bank of Australia mengungkapkan, bencana banjir juga mempengaruhi beberapa harga. Pasalnya, terjadi kenaikan suku bunga sebesar 50 basis poin pada hari Selasa dan menandai lebih banyak lonjakan inflasi di waktu mendatang.  

Sementara itu, Dewan Asuransi Australia menyatakan banjir sebagai peristiwa penting, yang mendesak orang-orang yang untuk mengajukan klaim asuransi, meskipun tingkat kerusakan sepenuhnya belum diketahui saat ini.

Banjir yang melanda Sydney, diklaim pemerintah sebagai banjir terparah tahun ini yang telah banyak menumbangkan pohon dan memutus kabel listrik.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA