Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Sukses Antarkan Tiga Satelit Singapura Mengorbit di Luar Angkasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 07 Juli 2022, 06:05 WIB
India Sukses Antarkan Tiga Satelit Singapura Mengorbit di Luar Angkasa
Peluncuran misi PSLV-C53 dari Pusat Antariksa Satish Dhawan di Sriharikota Andhra Pradesh, India bagian selatan pada Kamis (30/6) pukul 18.00 waktu setempat/Net
rmol news logo India telah sukses meluncurkan misi luar angkasa terbarunya, PSLV-C53, untuk mengantar tiga satelit Singapura ke orbit Bumi.

Peluncuran dilakukan dari Pusat Antariksa Satish Dhawan di Sriharikota Andhra Pradesh, India bagian selatan pada Kamis (30/6) pukul 18.00 waktu setempat.

Satelit-satelit tersebut dilepaskan ke orbit sekitar 570 km di atas Bumi. Mereka difungsikan untuk tujuan penelitian dan komersial.

Dua satelit tersebut adalah DS-EO dan NeuSAR, milik Singapura dan dibangun oleh Starec Initiative dari Republik Korea. Sementara yang lain merupakan Scoob-1 seberat 2,8 kg buatan Nanyang Technological University (NTU) Singapura.

Dua satelit yang lebih besar akan bertindak sebagai mata di kawasan untuk berbagai kegunaan, seperti meningkatkan keamanan maritim, mendeteksi kebocoran atau tumpahan minyak, hingga memantau bencana.

Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO) menuturkan PSLV atau Polar Satellite Launch Vehicle merupakan misi untuk membawa satelit ke orbit.

Ini adalah kali kedua pada tahun ini India meluncurkan misi PSLV. Pada Februari lalu, ISRO meluncurkan PSLV-C52 dengan satelit pengamatan Bumi EOS-04 dan dua satelit yang lebih kecil.

ISRO sebelumnya mengatakan ini akan menjadi misi komersial khusus kedua dari NewSpace India Limited (NSIL), dan misi ke-55 yang melibatkan pekerja luar angkasa India. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA