Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bantah Rumor Dicampakkan China, Kremlin: Xi Jinping Akan Mengunjungi Rusia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 07 Juli 2022, 07:05 WIB
Bantah Rumor Dicampakkan China, Kremlin: Xi Jinping Akan Mengunjungi Rusia
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
Sebuah laporan media yang menyebutkan langkah Presiden China Xi Jinping menolak undangan Presiden Vladimir Putin untuk mengunjungi Rusia langsung dibantah keras oleh Kremlin.

Baru-baru ini, surat kabar Jepang Yeimuri Shimbun dilaporkan memuat berita bahwa Putin mengundang Xi untuk mengunjungi Rusia. Undangan tersebut disampaikan selama percakapan pribadi keduanya pada 15 Juni lalu.

Namun Xi menolak undangan tersebut dengan alasan pembatasan Covid-19, sehingga sulit melakukan kunjungan dalam waktu dekat.

Kendati begitu, laporan media meyakini bahwa alasan sebenarnya dari penolakan Xi adalah upayanya untuk tetap netral di perang Ukraina.

Jurubicara Kremlin Dmitry Peskov membantahnya. Ia mengatakan Xi tidak menolak undangan tersebut dan ia akan mengunjungi Rusia jika waktu sudah memungkinkan.

"Ketika semua pembatasan Covid dilonggarkan, tentu kunjungan akan dilakukan," kata Peskov pada Selasa (5/7).

Xi dan Putin terakhir bertemu pada pembukaan Olimpiade Beijing, awal Februari 2022, sebelum invasi skala penuh Rusia ke Ukraina.

Selama ini China telah memposisikan diri untuk tetap netral. Tetapi NATO mengungkap kekhawatiran hubungan China dan Rusia yang semakin dekat.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA