Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masuk Zona Militer Terlarang, Wakil Dubes Inggris Dituduh Iran Lakukan Spionase

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 07 Juli 2022, 09:45 WIB
Masuk Zona Militer Terlarang, Wakil Dubes Inggris Dituduh Iran Lakukan Spionase
Ilustrasi/Net
rmol news logo Iran menuduh Wakil Duta Besar Inggris, Giles Whitaker, dan beberapa diplomat asing melakukan kegiatan spionase, setelah mereka kedapatan memasuki zona militer terlarang dan mengambil sampel tanah di sana.

Kantor berita IRNA pada Rabu (6/7) melaporkan pihak berwenang telah menangkap sejumlah orang asing. Namun tidak dirinci kapan penangkapan dilakukan.

TV pemerintah Iran kemudian menayangkan rekaman yang menunjukkan orang asing tngah mengumpulkan sampel dari tanah di zona militer terlarang. Mereka tertangkap pengawasan pesawat tak berawak.

Ketika itu, Garda Revolusi Iran (IRGC) melakukan uji coba rudal. Alhasil Whitaker langsung diusir dari daerah tersebut dan ia menyampaikan permintaan maaf.

"Mata-mata ini mengambil sampel bumi di gurun tengah Iran di mana latihan rudal kedirgantaraan Pengawal Revolusi dilakukan," kata TV pemerintah

Media Iran juga mengidentifikasi Maciej Walczak, seorang ilmuwan Polandia di Universitas Copernicus, sebagai salah satu orang asing yang dituduh. Ia juga dikatakan mengambil sampel tanah, air dan garam dari daerah terlarang selama uji coba rudal di selatan negara itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA