Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

PM Modi Terpukul atas Meninggalnya Abe, India Tetapkan Hari Berkabung Nasional Selama Satu Hari Penuh

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 08 Juli 2022, 16:39 WIB
PM Modi Terpukul atas Meninggalnya  Abe, India Tetapkan Hari Berkabung Nasional Selama Satu Hari Penuh
Shinzo Abe dan Narendra Modi/Net
Belum selesai rasa terkejut Perdana Menteri Narendra Modi atas berita serangan penembakan yang menimpa mantan PM Jepang Shinzo Abe yang membuatnya sangat bersedih, kini ia harus kembali terpukul dengan kabar yang menyebutkan Abe meninggal dunia.

Abe tak mampu bertahan dalam kondisi kritisnya setelah penembak menyasar dadanya. Abe diterbangkan Rumah Sakit Universitas Medis Nara.

Lewat serangkaian cuitan di akun Twitternya, Modi bahkan menyatakan kesedihan dan menetapkan hari berkabung nasional di India yang akan diberlakukan pada Sabtu (9/7) waktu setempat.

"Bapak Abe memberikan kontribusi besar untuk meningkatkan hubungan India-Jepang ke tingkat Kemitraan Strategis dan Global Khusus. Hari ini, seluruh India dan Jepang berduka cita. Kami berdiri dalam solidaritas dengan saudara dan saudari Jepang kami di saat yang sulit ini," cuit Modi, seperti dikutip dari NDTV.

"Sebagai tanda rasa hormat kami yang terdalam kepada mantan Perdana Menteri Abe Shinzo, hari berkabung nasional akan diperingati pada 9 Juli 2022," lanjutnya.

Ketika mendengar Abe ditembak, Modi yang terkejut masih berharap ada keselamatan untuk Abe. Dalam postingannya ia mengatakan bahwa ia mendoakan kesembuhan Abe dan kekuatan bagi keluarganya.

"Sangat tertekan dengan serangan terhadap teman baik saya Abe Shinzo. Pikiran dan doa kami bersama dia, keluarganya, dan orang-orang Jepang," cuit Modi.

Abe yang berusia 67 tahun ditembak dari jarak sekitar 3 meter dengan senjata api rakitan di kota barat Nara saat ia memberikan pidato kampanye untuk Partai Demokrat Liberal yang berkuasa.

Gambar dan video yang beredar di media massa menunjukkan bagaimana peluru penghantam dada Abe dan ia ambruk ke tanah. Bajunya ada bercakan darah.

Kedekatan Modi dan Abe telah berlangsung lama. Abe pernah menjamu PM Modi di rumah liburan pribadinya ketika PM Modi mengunjungi Jepang untuk KTT tahunan India-Jepang.

Sebagai perdana menteri terlama di Jepang, Abe telah berbagi ikatan khusus dengan India. Dia diberi Padma Vibhushan, penghargaan sipil tertinggi kedua di India, pada tahun 2021.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA