Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kedubes Korut dan PPIK Selenggarakan Nobar Film Dokumenter Kunjungan Kim Il Sung, Tunjukkan Cerita Persahabatan Korut-Indonesia

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 09 Juli 2022, 16:57 WIB
Dalam rangka mengenang kematian pendiri Korea Utara Kim Il Sung, Kedutaan Besar Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) dan Perhimpunan Persahabatan Indonesia - Korea (PPIK) menggelar acara nonton bareng film dokumenter bersama lewat aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (9/7).

Film yang diputar diplomat Korea Utara Ri Chong Ryul dari Kedubes di Jalan Sumenep, Menteng, Jakarta Pusat, itu adalah tentang kunjungan pendiri Korea Utara Kim Il Sung ke Indonesia pada bulan April 1965.

Kim Il Sung yang didampingi putranya Kim Jong Il, berkunjung ke Jakarta dari tanggal 10 sampai 20 April di tahun itu antara lain untuk menghadiri puncak perayaan 10 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA). Kunjungan ini istimewa, antara lain karena, itulah satu-satunya kunjungan bersama Kim Il Sung dan Kim Jong Il ke luar negeri.

Dalam kunjungan tersebut, Kim Il Sung juga mendapatkan bintang kehormatan yang disematkan Presiden Sukarrno, dan gelar Doktor Honoris Causa yang diberikan Universitas Indonesia.

Kegiatan nobar tersebut dihadiri Ketua Umum PPIK Teguh Santosa dan dosen Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran Teuku Rezasyah.

Dalam pengantarnya, Ri berharap film ini akan memberikan perspektif yang lebih luas mengenai hubungan baik kedua negara yang sudah terjalin sejak lama.

“Mungkin banyak yang baru sekadar mendengar cerita hubungan kedua negara. Ini adalah kesempatan untuk melihat perjalanan persahabatan itu,” ujar Ri.

Film diawali dengan adegan pesawat yang ditumpangi rombongan Kim Il Sung hendak mendarat di Bandara Kemayoran di Jakarta. Pesawat dikawal oleh pesawat tempur AURI.

Salah satu gambaran umum sepanjang film dokumenter irtu adalah senyum Kim II Sung yang selalu mengembang dan airmukanya yang selalu ceria.

Ia disambut hangat masyarakat Indonesia. Baik di Jakarta, di Bogor, maupun di Bandung.

Film dokumenter itu merekam dengan sangat baik komitmen Presiden Sukarno dan Presiden Kim Il Sung untuk terus mengedepankan sikap anti imperialisme dan anti kolonialisme.

Kim Il Sung dalam sebuah kesempatan juga memuji patriotisme rakyat Indonesia yang berhasil merebut kekuasaan dari Jepang dan mengusir Belanda yang ingin kembali menduduki Indonesia.

Dalam kunjungan itu, Kim II Sung yang merupakan kakek dari Kim Jong Un sempat merayakan ulang tahun pada 15 April 1965.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Bung Karno di Kebun Raya Bogor, Bung Karno memberikan bunga anggrek yang dinamakan Bunga Kimilsung. Bunga itu kini dikembangkan dengan sangat baik di Korea Utara, dan dipamerkan setiap ulang tahun Kim Il Sung.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA