Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jelang Wukuf di Arafah, 17 Ribu Jemaah Asal Jabar Panjatkan Doa untuk Mendiang Eril

LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 09 Juli 2022, 23:41 WIB
Jelang Wukuf di Arafah, 17 Ribu Jemaah Asal Jabar Panjatkan Doa untuk Mendiang Eril
Belasan ribu jemaah haji asal Jabar saat memanjatkan doa untuk almarhum Eril/Ist
Tak semua orang seberuntung almarhum putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. Meski telah dimakamkan sekitar 3 pekan lalu doa dari banyak orang masih terus mengalir buatnya.

Terkini, lantunan doa dikirim oleh 17 ribu jemaah haji asal Jabar di mahtab sektor 5 sebelum menggelar ibadah wukuf di Padang Arafah, Mekah, Arab Saudi, Jumat (8/7) waktu setempat.

Doa itu dipanjatkan di setiap mahtab jemaah haji dan dipimpin oleh para ketua kloter haji masing-masing. Berdasarkan dari salah satu video yang beredar, para pemimpin rombongan meminta jemaah untuk mendoakan Eril yang tutup usia di Sungai Aare, Bern, Swiss.

"Mari kita mendoakan putra sulung Bapak Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtadz, agar mudah-mudahan arwah beliau diterima Allah SWT, dimasukan ke surga Allah, dan ditempatkan dengan ridhanya Allah SWT," kata salah satu pemimpin kloter, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Jemaah haji Indonesia mulai tiba di Padang Arafah di timur Kota Makkah sejak Kamis pagi (7/7) waktu Arab Saudi untuk melaksanakan wukuf pada 9 Dzulhijjah 1443 Hijriah.

Di lain kesempatan, Ridwan Kamil pun mengingatkan kepada jemaah haji asal Jabar untuk fokus beribadah. Sehingga, saat kembali ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur.

"Kesempatan itu rahasianya Allah SWT. Makanya, cara mensyukurinya adalah menjadi haji mabrur. Jangan mikirin di Bogor kumaha, di Cirebon kumaha, di Bandung kumaha, fokus di sini. Kurangi main hapenya, hapenya geser ke aplikasi Al-Quran, aplikasi Hadits," ucap Kang Emil, sapaannya.

Sebelumnya, Kang Emil berserta istri, Atalia Praratya dan Gus Miftah melantunkan tahlil untuk almarhum Eril tepat di depan Kabah. Lantunan itu terlihat dari video yang diunggah oleh Gus Miftah di akun Instagram pribadinya.

Dalam video itu, Kang Emil tampak khusyuk memanjatkan doa-doa untuk mendiang Eril. Begitupun Gus Miftah sembari memegang foto Eril.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA