Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Bali, Indonesia-China Sepakat Percepat Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 10 Juli 2022, 12:48 WIB
Di Bali, Indonesia-China Sepakat Percepat Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Pertemuan ke-2 High-Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) antara Indonesia dan China di Bali pada Sabtu, 9 Juli 2022/Net
rmol news logo Indonesia dan China sepakat untuk mempercepat pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan beberapa proyek lainnya yang menjadi kerja sama kedua negara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu menjadi pembahasan dari Pertemuan ke-2 High-Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) di Bali pada Sabtu (9/7).

Dari pihak Indonesia, pertemuan dipimpin oleh Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sedangkan delegasi pihak China dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Wang Yi.

Dikutip The Straits Times, kedua belah pihak meninjau secara komprehensif kemajuan kerja sama di berbagai bidang. Mereka mengaku puas dengan hasil yang didapatkan dari kerja sama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara.

Kemudian kedua belah pihak sepakat untuk mempercepat kerja sama pada proyek-proyek penting, seperti kereta cepat Jakarta-Bandung dan Koridor Ekonomi Komprehensif Regional yang menjadi bagian dari Belt and Road Initiatives (BRI).

Luhut mengatakan hubungan Indonesia dan China memiliki signifikansi strategis dan pengaruh global. Sebab, kedua negara telah melakukan kerja sama yang luas di berbagai tingkat dan komitmen tinggi untuk membangun masa depan bersama.

“Indonesia mendukung dan bersedia untuk berpartisipasi aktif dalam Inisiatif Pembangunan dan Keamanan Global yang diusulkan China,” kata Luhut.

Sementara itu, Retno mengatakan hubungan Indonesia siap bekerja sama dengan China untuk fokus pada isu-isu mendesak, seperti perdamaian, ketahanan pangan, dan energi.

Di sisi lain, Wang menegaskan, China berkomitmen membangun masa depan bersama Indonesia, dan mendorong hubungan bilateral melalui empat sisi, yaitu politik, ekonomi, budaya, dan maritim.

Untuk itu, China menyatakan kesiapannya mendukung Indonesia dalam membangun pusat vaksin di kawasan dan meningkatkan kapasitas produksi vaksin, serta memajukan pembangunan pusat penelitian bersama untuk vaksin dan gen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA