Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Singgah di Jepang Sebelum Pulang ke AS, Blinken Sampaikan Belasungkawa kepada PM Kishida atas Kematian Abe

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 12 Juli 2022, 07:06 WIB
Singgah di Jepang Sebelum Pulang ke AS, Blinken Sampaikan Belasungkawa kepada PM Kishida atas Kematian Abe
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken/Net
rmol news logo Suasana duka atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe masih terasa saat Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo pada Senin (11/7) waktu setempat.

Kunjungan Blinken ke Jepang sebelumnya tidak terjadwal. Ia tiba pada Minggu (10/7) dan langsung menuju ke kedutaan AS di mana ia memimpin staf untuk mengheningkan cipta, menurut keterangan seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS.

Sebelum kembali ke negaranya, Blinken mengatakan AS juga merasakan kehilangan setelah kematian Abe, yang ditembak mati saat pidato kampanye pada 8 Juli.

"Saya di sini karena Amerika Serikat dan Jepang lebih dari sekutu, kami adalah teman. Dan ketika satu teman terluka, teman lainnya muncul," katanya, seperti dikutip dari AFP.

Kepada wartawan, Blinken mengatakan, ia menitipkan surat dari Joe Biden kepada Kishida untuk disampaikan kepada keluarga Abe.

"Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk membantu teman-teman kami menanggung beban kehilangan ini," katanya.

Dalam pertemuan itu, Kishida berterima kasih kepada Blinken atas kunjungannya dan perasaan hangat yang diberikan oleh Amerika Serikat. Kishida mengatakan dia ingin menegakkan warisan Abe dengan memperkuat aliansi bilateral.

Abe, perdana menteri terlama Jepang, ditembak oleh pria tak dikenal saat berpidato di Kota Nara. Beberapa jam berada dalam keadaan kritis, nyawa Abe tak tertolong. Ia meninggal dunia pada Jumat (8/7). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA