Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Kunjungan Biden ke Timur Tengah, Pasukan AS Tewaskan Komandan ISIS Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 13 Juli 2022, 06:35 WIB
Jelang Kunjungan Biden ke Timur Tengah, Pasukan AS Tewaskan Komandan ISIS Suriah
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kelompok teroris Negara Islam alias IS atau sebelumnya dikenal dengan ISIS kembali kehilangan salah satu petingginya.

Maher al-Agal, pemimpin kelompok ISIS di Suriah tewas dalam serangan pesawat tak berawak yang diluncurkan AS pada Selasa (12/7) waktu setempat

"Al-Agal adalah salah satu dari empat pemimpin teratas kelompok itu," kata para pejabat, seperti dikutip dari AFP.

Kematian Al-Agal diumumkan pada hari Selasa oleh Komando Pusat Pentagon (CENTCOM), komando militer yang mencakup Timur Tengah. CENTCOM mengatakan bahwa serangan itu terjadi di luar Jindayris di barat laut Suriah, sebuah daerah yang saat ini berada di bawah kendali pasukan yang didukung Turki.

Seorang wakil al-Agal juga menjadi sasaran dalam serangan itu, dan terluka parah, menurut pernyataan CENTCOM.

“Kematian para pemimpin ISIS ini akan mengganggu kemampuan organisasi teroris untuk merencanakan dan melakukan serangan lebih lanjut,” kata juru bicara CENTCOM Kolonel Joe Buccino.

“ISIS terus menjadi ancaman bagi AS dan mitra di kawasan ini," ujarnya.

Seorang juru bicara yang disebut Pasukan Demokrat Suriah – faksi yang didukung AS dalam perang saudara multi-sisi Suriah – mengklaim pada hari yang sama bahwa masih ada ratusan pejuang ISIS masih bersembunyi di daerah yang dikuasai Turki di Suriah utara.

ISIS pernah menguasai sebagian besar wilayah di Irak, Suriah dan Afrika Utara. Namun berkat kampanye militer Suriah dan Rusia, serta kampanye udara oleh AS dan sekutunya, kelompok teror itu berhasil dihancurkan sejak 2015.

Serangan di al-Agal terjadi satu hari sebelum Presiden AS Joe Biden bersiap mengunjungi Timur Tengah. Menurut rencana Biden akan mendarat di Israel pada hari Rabu sebelum melakukan perjalanan ke Arab Saudi.

Selama di Arab Saudi, Biden akan menghadiri pertemuan Dewan Kerjasama Teluk, yang meliputi Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab. Delegasi dari Mesir, Irak dan Yordania juga akan menghadiri pertemuan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA