Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jadi Kandidat Favorit untuk Kursi PM Inggris, Siapakah Rishi Sunak?

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 13 Juli 2022, 10:36 WIB
Jadi Kandidat Favorit untuk Kursi PM Inggris, Siapakah Rishi Sunak?
Calon Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak/Net
Di antara delapan kandidat yang telah mengajukan diri untuk menggantikan Boris Johnson sebagai Perdana Menteri Inggris dan pemimpin Partai Konservatif, nama Rishi Sunak dinilai paling diunggulkan.

Pria keturunan India yang lahir di Inggris pada 12 Mei 1980 ini merupakan mantan Menteri Keuangan. Ia menjabat posisi tersebut pada Februari 2020 dan mengundurkan diri pada Juli 2022 sebagai bentuk protes dan ketidakpercayaan terhadap Johnson yang sering terkait dengan banyak skandal.

Pria 42 tahun ini lulus dari Oxford dan Stanford. Ia kemudian berkecimpung di dunia bisnis, sebelum akhirnya terjun ke dunia politik.

Ia pertama kali menjadi anggota parlemen pada 2015, terpilih dari Richmond, Yorkshire. Karir politiknya kemudian melejit di Partai Konservatif, khususnya ketika ia mendukung gagasan Brexit.

Sebagai salah satu pendukung Boris Johnson, Sunak cukup lantang menyuarakan kampanye "Leave EU" atau meninggalkan Uni Eropa.

Hingga pada Februari 2020, ia menduduki kursi kabinet paling penting, yaitu Menteri Keuangan.

Popularitas Sunak juga kian menanjak selama pandemi dengan paket Covid-19 yang membantu bisnis dan para pekerja. Paket tersebut termasuk retensi pekerjaan yang dapat mencegah pengangguran massal.

Namun namanya tercoreng ketika masuk dalam skandal Partygate. Ia juga menjadi salah satu yang dikenai denda oleh polisi London karena melanggar aturan Covid-19 dengan menggelar pesta di kediaman perdana menteri.

Di samping itu, kekayaannya juga diperdebatkan. Sementara status istrinya, Akshata Murthy, yang merupakan anak dari pendiri Infosys Narayana Murthy, juga dipertanyakan.

Terlepas dari itu, nama Sunak masih diganderungi untuk menduduki kursi PM Inggris yang akan dipilih pada Oktober 2022.

Jika terpilih, Sunak akan menjadi keturunan India pertama yang memimpin Inggris dan Partai Konservatif.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA