Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tolak Blokade Lithuania untuk Barang Rusia, Komisi Eropa: Moskow dapat Melanjutkan Pengiriman ke Kaliningrad dengan Kereta Api

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 14 Juli 2022, 06:59 WIB
Tolak Blokade Lithuania untuk Barang Rusia, Komisi Eropa: Moskow dapat Melanjutkan Pengiriman ke Kaliningrad dengan Kereta Api
Kisruh blokade barang Rusia yang dilakukan Lithuania akhirnya mendapat titik terang. Pada Rabu (13/7) Komisi Eropa mengatakan, Rusia dapat melanjutkan pengiriman barang-barangnya menuju Kaliningrad.

"Lithuania memiliki kewajiban untuk mengizinkan lewatnya barang-barang Rusia, dengan pengecualian senjata, antara Rusia dan daerah kantong Kaliningrad," isi pernyataan Komisi Eropa.

Transit melalui jalan darat sudah tidak diperbolehkan lagi sesuai dengan sanksi yang diluncurkan UE untuk Rusia, tetapi tidak ada larangan untuk transportasi kereta api dari Rusia ke Kaliningrad, sesuai dengan panduan hukum yang dikeluarkan oleh eksekutif Uni Eropa.

Pernyataan Komisi Eropa datang setelah otoritas Lithuania melarang kereta api Rusia, yang berisi barang-barang yang dikenai sanksi UE, transit di wilayahnya yang satu-satunya rute kereta api antara daratan Rusia dan eksklave Kaliningrad di Laut Baltik. Barang yang dilarang adalah batu bara, logam, bahan bangunan, dan teknologi canggih.

Vilnius menutup rute itu pada 18 Juni. Transit barang-barang lainnya yang tidak terkena sanksi, tetap diperbolehkan.

“Pedoman ini menegaskan bahwa transit barang-barang Rusia yang dikenai sanksi melalui jalan darat, tidak diperbolehkan berdasarkan langkah-langkah UE. Tetapi tidak ada larangan serupa untuk transportasi kereta api,” kata pernyataan Komisi Eropa, seeprti dikutip dari DW.

"Negara-negara Anggota bertanggung jawab atas penerapan sanksi. Untuk memastikan bahwa sanksi itu diterapkan seefektif dan sekonsisten mungkin, Komisi memberikan panduan administratif reguler," tambah pernyataan itu.

Kementerian Luar Negeri Lithuania telah memberikan tanggapannya dan mengatakan Vilnius akan mematuhi panduan tersebut.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA