On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Wamenlu Venezuela: Selama 20 Tahun, Kami Telah Menjadi Objek Permusuhan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 15 Juli 2022, 11:10 WIB
Wamenlu Venezuela: Selama 20 Tahun, Kami Telah Menjadi Objek Permusuhan
(Tengah) Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela untuk Asia, Timur Tengah dan Oseania, Capaya Rodriguez/RMOL
Venezuela bertekad untuk tetap menjadi negara yang bebas, berdaulat, dan mandiri. Meski selama puluhan tahun, Venezuela telah menjadi target berbagai tindakan permusuhan.

Begitu yang dikatakan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela untuk Asia, Timur Tengah dan Oseania, Capaya Rodriguez setelah berziarah ke Taman Makam Pahlawan, Kalibata pada Jumat pagi (15/7).

"Negara saya telah menjadi objek permusuhan terus-menerus, yang selama 20 tahun terakhir telah terwujud dalam upaya kudeta, pembunuhan presiden, invasi, promosi kekerasan untuk menghasilkan perang saudara, dan membenarkan intervensi asing," ujarnya.

Rodriguez menyebut, Venezuela telah menjadi sasaran "pengepungan sistematis" lewat sanksi dengan tujuan untuk menjatuhkan rezim.

"Negara saya telah menjadi objek lebih dari 500 tindakan pemaksaan sepihak, yang secara keliru disebut sebagai 'sanksi', yang sangat mempengaruhi perekonomian kami," tambahnya.

Kendati begitu, ia menuturkan, krisis yang ditimbulkan oleh serangan sanksi justru menguji ketahanan Venezuela. Sehingga Venezuela dapat melakukan perlawanan dengan fokus pada produksi dan pembangunan sosial-ekonomi.

"Hari ini, dengan bangga, kita dapat mengatakan bahwa kita telah mengatasi kesulitan ini, dengan upaya berkelanjutan dari rakyat kita," tegas Rodriguez.

Kunjungan Rodriguez bersama Duta Besar Venezuela Radames Jesus Gomez Azuaje ke Taman Makam Pahlawan merupakan bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan ke-211 untuk Venezuela yang jatuh pada 5 Juli lalu.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA