Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kandidat PM Inggris Menciut, Rishi Sunak dan Liz Truss Bersaing Ketat

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 16 Juli 2022, 07:43 WIB
Kandidat PM Inggris Menciut, Rishi Sunak dan Liz Truss Bersaing Ketat
Rishi Sunak dan Liz Truss bersaing dalam pencalonan perdana menteri Inggris/Net
Proses pemilihan calon Perdana Menteri Inggris menyisakan lima nama kandidat yang akan saling berhadapan dalam debat pertama dari tiga debat yang disiarkan televisi pada Jumat (15/7) waktu setempat.

Nama mantan menteri keuangan Rishi Sunak masih memuncaki perolehan suara, sementara pesaing utamanya Menteri Keuangan Liz Truss terus menempelnya dengan ketat.

Menteri Perdagangan Junior Penny Mordaunt, yang menurut jajak pendapat adalah yang paling populer,tetap membayangi di posisi ketiga.

Mantan menteri kesetaraan Kemi Badenoch dan Ketua Komite Urusan Luar Negeri Parlemen Tom Tugendhat, juga tetap berada di antara lima kandidat yang lolos ke tahap selanjutnya.

"Malam ini adalah acara besar karena ini sebenarnya bukan hanya anggota Konservatif, sama pentingnya dengan mereka, ini sebenarnya tentang negara secara luas," kata Tugendhat, seperti dikutip dari Reuters.

"Apa yang perlu kita tunjukkan, apa yang semua orang perlu tunjukkan, adalah bahwa mereka mampu mengomunikasikan pesan Konservatif dengan kuat dan berdebat dengan keras. Karena ini sebenarnya bukan adu pisau di dalam kotak telepon. Ini tentang mengatur Inggris," ujarnya.

Inggris mengalami inflasi yang meroket dan pertumbuhan ekonomi yang rendah, serta kurangnya kepercayaan publik terhadap politik setelah masa kekuasaan Boris Johnson yang diliputi banyak skandal.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA