Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tolak Pernyataan Orban, Ukraina: Perang Hibrida Rusia Telah Membunuh Ekonomi Eropa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 16 Juli 2022, 09:03 WIB
Tolak Pernyataan Orban, Ukraina: Perang Hibrida Rusia Telah Membunuh Ekonomi Eropa
Ilustrasi/Net
rmol news logo Ukraina segera memberikan reaksinya atas pernyataan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban yang mengatakan bahwa Uni Eropa telah menembak jantungnya sendiri atas sanksi yang diluncurkannya untuk Rusia.

Pada Kamis (15/7), Kementerian Luar Negeri Ukraina dalam pernyataannya mengecam apa yang disampaikan Orban dan menegaskan bahwa perang hibrida Rusia telah merusak tatanan ekonomi global. Kementerian kembali menggembar-gemborkan bahwa sanksi internasional atas invasi Rusia akan sangat efektif.

Sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap bisnis, perdagangan, dan perjalanan telah diberlakukan oleh Uni Eropa, Amerika Serikat, dan pemerintah lainnya kepada Rusia. Negara-negara beralasan bahwa sanksi bisa 'menghukum' Rusia dan menghentikan perang.

"Bukan sanksi yang membunuh ekonomi Eropa, tetapi perang hibrida Rusia," tegas Kementerian, seperti dikutip dari EuroTic, Kamis (15/7).

Banyak kerusakan yang ditimbulkan dari perang skala penuh yang diluncurkan oleh Rusia. Kementerian memerinci bagaimana perang itu menyebabkan puluhan ribu nyawa melayang, ratusan ribu fasilitas infrastruktur penting rusak, dan jutaan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka untuk mengungsi.

"Sanksi membantu negara agresor bertanggung jawab atas kejahatannya, serta melemahkan kemampuannya untuk terus mengobarkan perang," tegas Kementerian.

Pernyataan Kementerian muncul tak lama setelah Orban mengatakan kepada media bahwa jika sanksi tidak dibatalkan, mereka berisiko membunuh ekonomi Eropa.

Orban dalam penuturannya mengatakan, sejarah Eropa telah memasuki 'era perang', di mana orang-orang harus berjuang untuk hal-hal yang selama ini mereka anggap remeh.

“Tidak ada yang mengira pada 24 Februari bahwa perang antara Ukraina dan Rusia bukan hanya konflik, tetapi menandai akhir dari sebuah era dan mengantar era baru perang dalam sejarah Eropa,” kata Orban.

Selain di front, perang juga sedang terjadi di ekonomi dunia, terutama di ekonomi Eropa, seperti yang ditunjukkan oleh kenaikan harga energi, katanya.

"Harga listrik naik lima kali lipat dan harga gas tiga kali lipat karena perang," kata Orban.

Orbán kemudian meminta Brussel untuk memahami bahwa mereka telah melakukan kesalahan, dan bahwa sanksi terhadap Rusia telah menjadi bumerang.

“Beberapa negara ikut berkomitmen pada kebijakan sanksi, tetapi Brussel harus mengakui bahwa itu adalah kesalahan. Bukannya memenuhi tujuan yang diharapkan, malah membuat efek sebaliknya," kata Orban.

"Sanksi saat ini lebih merugikan Eropa daripada Rusia. Mereka pikir mereka dapat menghentikan perang melalui sanksi. Nyatanya, ketika sanksi telah berjalan, perang tetap berlarut-larut. Jelas bahwa ekonomi Eropa telah menembak dirinya sendiri di paru-paru, dan itu membuatnya terengah-engah,” kata Orban. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA