Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banyak Anggotanya yang Tewas, Mesir Siap Tarik Pasukan Penjaga Perdamaian di Mali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 16 Juli 2022, 12:43 WIB
Banyak Anggotanya yang Tewas, Mesir Siap Tarik Pasukan Penjaga Perdamaian di Mali
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah Mesir telah memutuskan untuk menarik pasukan mereka dari wilayah Afrika Barat pada pertengahan Agustus mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Misi PBB di Mali, Olivier Salgado, mengatakan pada Jumat bahwa keputusan Mesir menyusul kematian tujuh penjaga perdamaiannya sepanjang tahun ini.

"Kami mengkonfirmasi bahwa Mesir, melalui Misi Tetapnya untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, menyatakan keprihatinannya pada awal minggu atas peningkatan serangan terhadap pasukan penjaga perdamaiannya yang mengawal konvoi yang memasok pangkalan kami di pusat dan Mali utara," ujarnya, seperti dikutip dari Afrika News, Sabtu (16/7).

"Serangan-serangan ini telah menyebabkan kematian 7 tentara Mesir sejak awal tahun. Kami telah diberitahu bahwa sebagai akibatnya, kontingen Mesir akan menghentikan sementara kegiatannya di dalam MINUSMA mulai 15 Agustus," ujarnya.

Mesir saat ini menyumbang sekitar 1.030 tentara dan 24 petugas staf untuk misi PBB Mali.

Mali telah berjuang untuk menahan pemberontakan ekstremis Islam sejak 2012.

Berkat operasi militer yang dibantu Prancis, pemberontak ekstremis berhasil dipukul mundur dari kota-kota utara Mali, tetapi mereka berkumpul kembali di padang pasir dan mulai menyerang tentara Mali dan sekutunya.

Ketidakamanan telah memburuk dengan serangan di wilayah utara dan tengah terhadap warga sipil dan penjaga perdamaian PBB. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA