Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Keringanan Pajak UMKM Dicabut, Ribuan Orang di Hongaria Turun ke Jalan

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 17 Juli 2022, 12:59 WIB
Keringanan Pajak UMKM Dicabut, Ribuan Orang di Hongaria Turun ke Jalan
Ribuan warga Hongaria menggelar aksi protes anti-pemerintah setelah keringanan pajak untuk UMKM dicabut di tengah inflasi/DW
Ribuan demonstran Hongaria turun ke jalan untuk memprotes pemerintah atas pemberlakukan UU baru yang menaikkan pajak untuk sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dikutip dari Reuters, protes anti-pemerintah pada Minggu (17/7) itu dilakukan lantaran warga frustasi dengan kebijakan pemerintah yang memperketat keringanan tarif pajak bagi UMKM di tengah tingginya inflasi.

Setelah RUU disahkan pada Rabu lalu (13/7), partai Fidesz sayap kanan yang digawangi Perdana Menteri Viktor Orban juga turut membatasi harga utilitas untuk rumah tangga dengan penggunaan yang lebih tinggi di tengah kenaikan harga listrik dan gas.

Pemberlakuan UU baru akan sangat mempengaruhi wiraswasta dan pekerja lepas yang telah mengandalkan skema keringanan pajak selama hampir 20 tahun terakhir.

Sejak mengambil alih kekuasaan pada 2010, pemerintahan Orban menghadapi tantangan ekonomi terberat karena tingginya inflasi dan melemahnya mata uang forint, bahkan mencapai rekor terendah, sejak Rusia menginvasi Ukraina.

Saat ini Hongaria menunggu miliaran dolar dalam bentuk hibah Covid-19 dari Uni Eropa. Namun blok tersebut belum mengeluarkan dana karena kekhawatiran akan standar demokrasi dan korupsi di Hongaria.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA