Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IMF: Sri Lanka adalah Peringatan untuk Negara-negara yang Banyak Utang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 18 Juli 2022, 08:50 WIB
IMF: Sri Lanka adalah Peringatan untuk Negara-negara yang Banyak Utang
Direktur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva/Net
rmol news logo Negara-negara dengan tingkat utang yang tinggi diharapkan dapat belajar dari pengalaman Sri Lanka, yang saat ini terjerembab dalam krisis dan kebangkrutan.

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan Sri Lanka merupakan tanda peringatan bagi negara-negara yang memiliki tingkat utang tinggi dan ruang kebijakan terbatas.

Hal itu disampaikan Georgieva pada pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral (FMCBG) G20 di Indonesia pada Sabtu (17/7).

Ia mengatakan, perang di Ukraina telah menambah harga komoditas dan pangan yang sebelumnya telah berganggu akibat pandemi Covid-19.

Akibatnya, IMF akan memproyeksikan penurunan pertumbuhan ekonomi global untuk 2022 dan 2023 pada akhir bulan ini.

Di samping itu, Georgieva juga menekankan, risiko penurunan pertumbuhan ekonomi lainnya juga masih terbuka sehingga perlunya intervensi kebijakan yang lebih kuat..

"Negara-negara dengan tingkat utang yang tinggi dan ruang kebijakan yang terbatas akan menghadapi tekanan tambahan. Jangan melihat lebih jauh,  Sri Lanka adalah tanda peringatan," ujarnya, seperti dikutip ANI News.

Sri Lanka menghadapi krisis ekonomi terburuk sejak kemerdekaan pada tahun 1948. Terkurasnya cadangan devisa negara membuat Sri Lanka kesulitan membeli makanan, obat, hingga bahan bakar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA