Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ghana Laporkan Virus Marberg Telah Tewaskan Dua Warganya yang Tertular

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 18 Juli 2022, 13:19 WIB
Ghana Laporkan Virus Marberg Telah Tewaskan Dua Warganya yang Tertular
Virus Marberg terkonfirmasi di Ghana dan menewaskan dua orang yang terinfeksi/Net
Pihak layanan kesehatan Ghana (GHS) pada Minggu (17/7) secara resmi mengkonfirmasi dua kasus virus Marburg setelah dua orang warganya terinfeksi dan kemudian meninggal pada awal bulan ini.

WHO menyatakan, Kedua pasien berasal dari wilayah Ashanti, Ghana selatan, keduanya memiliki gejala termasuk diare, demam, mual dan muntah, sebelum meninggal di rumah sakit.

"Otoritas kesehatan (Ghana) telah merespons dengan cepat, bersiap untuk kemungkinan wabah. Ini bagus karena tanpa tindakan segera dan tegas, Marburg dapat dengan mudah lepas kendali," kata Direktur Regional WHO untuk Afrika, Matshidiso Moeti seperti dikutip Reuters pada Senin (18/7).

Pihak GHS mengungkapkan bahwa tes telah dilakukan di Ghana pada 10 Juli lalu. Namun, hasilnya harus diverifikasi oleh laboratorium Senegal untuk kasus-kasus yang terkonfirmasi.

Kasus ini merupakan wabah Marburg kedua di Afrika Barat, setelah kasus pertamanya terjadi di Guinea tahun lalu, tanpa ada kasus lebih lanjut yang teridentifikasi.

Berdasarkan data WHO, terdapat belasan wabah besar Marburg sejak 1967. Sebagian besar di Afrika bagian selatan dan timur.
 
"Tingkat kematian bervariasi dari 24 persen hingga 88 persen pada wabah di masa lalu tergantung pada jenis virus dan manajemen kasus," ungkapnya.

Virus Marberg ditularkan melalui kelelawar buah dan menyebar di antara manusia melalui kontak langsung dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA