Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Demi Kalahkan Rusia, UE Kucurkan Dana Bantuan Militer Tambahan Rp 7,6 Triliun untuk Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 19 Juli 2022, 07:23 WIB
Demi Kalahkan Rusia, UE Kucurkan Dana Bantuan Militer Tambahan Rp 7,6 Triliun untuk Ukraina
Kepala Dewan Eropa Charles Michel/Net
Ukraina kembali mendapatkan suntikan dana bantuan militer sebesar 500 juta euro (sekitar 7,6 triliun rupiah) dari Uni Eropa.

Pengumuman tersebut disampaikan Kepala Dewan Eropa Charles Michel setelah menghadiri pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa, Senin (18/7) waktu setempat.

Dalam postingannya di Twitter, Michel mencatat bahwa dana tersebut dikeluarkan dalam kerangka European Peace Facility (EPF) – mekanisme keuangan yang dibuat pada tahun 2021 untuk meningkatkan kemampuan blok tersebut untuk bertindak sebagai penyedia keamanan global.

“Dukungan UE dalam peralatan militer untuk Angkatan Bersenjata Ukraina sekarang mencapai 2,5 miliar euro. Eropa mendukung Ukraina,” tulis Michel, seperti dikutip dari AFP, Selasa (19/7).

Kementerian Pertahanan Ukraina menyambut baik pengumuman tersebut, menggambarkannya sebagai langkah penting dalam memperkuat keamanan Eropa.

Rusia secara konsisten memperingatkan UE, AS, Inggris, dan sekutunya agar tidak menyediakan senjata untuk Ukraina. Ia berpendapat bahwa mereka hanya memperpanjang konflik dan menciptakan masalah jangka panjang.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA